Trends

Siklus dan Snap Clean Merilis Siklus Home Care

Laksamana Sakti, COO dan Co-Founder Siklus. (Foto : Istimewa).

swa.co.id, Jakarta- Perusahaan rintisan (startup) Siklus dan Snap Clean menjalin kerja sama seiring adanya Siklus Home Care, yaitu produk pembersih untuk rumah tangga. Snap Clean adalah produsen lokal spesialis cairan pembersih yang melayani segmen home care, industrial, dan laundry.

Produk Siklus Home Care ini menegaskan komitmen perusahaan terhadap praktik bisnis yang keberlanjutan. Pada momentum ini, Siklus juga mengumumkan pembaruan identitas perusahaan mulai dari logo dan lokapasar (e-commerce) milik perusahaan yang berjenama siklus.com.

Lokapasar ini memudahkan transaksi dan belanja kosumen lantaran tersedia fitur pembayaran digital serta jasa kurir. “Semua orang berhak menggunakan perlengkapan rumah tangga yang ramah lingkungan dan tetap ramah anggaran. Dengan cara inilah menjaga kelestarian lingkungan hidup Indonesia bisa tercapai lebih cepat dan lebih baik,” ujar Laksamana Sakti, COO dan Co-Founder Siklus dalam keterangan resmi yang dilansir pada Selasa (28/5/2024).

Laksamana mengatakan Siklus Home Care diluncurkan sebagai strategi perusahaan untuk meningkatkan margin. Sejak awal berdiri, Siklus hadir dengan menjalankan bisnis refill produk pembersih rumah tangga sebagai solusi perdana serta ritel berkelanjutan kepada para pemasok UMKM dan para penjual wholesale, termasuk merek ternama seperti Reckitt, P&G, Nestle, Wipro Unza Vitalis, Unilever, Wings, Total Chemindo, dan Pureco.

Laksamana menyampaikan kerja sama atara Siklus dan Snap Clean untuk membuat merek sendiri, yakni Siklus Home Care, yang bertujuan untuk memudahkan pemasaran produk. “Siklus Home Care adalah satu dari tiga strategi utama Siklus di tahun ini untuk semakin menegaskan komitmen, peran, serta posisi kami sebagai perusahaan rintisan terdepan di ranah industri EcoTech Indonesia,” ungkap Laksamana.

Strategi kedua, Siklus menghadirkan Siklus Private Label. Perusahaan mulai menghadirkan kemasan berkelanjutan berupa kaca untuk produk makanan sehat dengan merek Bumihara. Produk makanan pertama yang dihadirkan adalah granola, hasil kolaborasii dengan UMKM seka di akhir tahun lalu.

Strategi ketiga, menghadirkan solusi sustainable online marketplace. Laksamana mengatakan, produk Siklus sudah bisa dibeli lewat siklus.com. Selain itu, perusahaan juga sudah menghadirkan produknya di platform e-commerce Tokopedia dan Shopee.

Daur Ulang Sampah

Sampai dengan Mei 2024, Siklus berhasil menjual 425.000 liter produk ramah lingkungan dan melayani lebih dari 20.000 pengguna aktif di Jabodetabek, yang menariknya didominasi oleh para perempuan 79,8 dan pria 20,2%. Siklus pun berhasil mencegah kelebihan produksi 1,2 juta tempat plastik sekali pakai dan mengurangi 27,7 ton sampah plastik yang berpotensi masuk TPA berkat layanan Tukar Wadah Siklus, yang memampukan konsumen hanya mengisi ulang tanpa harus membeli kemasan baru untuk berbagai keperluan rumah tangga yang diinginkan.

Program Tukar Wadah Siklus juga mencatat lebih dari 100.000 botol dibersihkan setiap tahunnya. Siklus Home Care menyediakan fasilitas Tukar Wadah di seluruh lini produknya agar konsumen turut menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kenyamanan rumah. Hingga kini, Siklus memimpin gerakan mengurangi ketergantungan serta kelebihan sampah plastik di Indonesia melalui fokus dan pendekatan reuse dan recycle. (*)

Siklus selalu mendengarkan masukan dari para konsumennya, dan mendapati bahwa ada peningkatan permintaan terhadap beberapa produk pembersih rumah tangga dalam satu tahun terakhir. Oleh karena itu, Siklus memperkenalkan Siklus Home Care, rangkaian solusi cairan pembersih rumah tangga yang hadir dalam kemasan jeriken 4 liter. Produk yang bisa segera dinikmati saat ini meliputi karbol sereh, sabun cuci tangan aroma stroberi, sabun cuci piring, pembersih lantai, deterjen, softener, pembersih kaca, dan pembersih toilet.

Direktur PT Satu Nusa Biru (Snap Clean) Rony Saragih mengatakan, “Snap Clean meyakini bahwa kolaborasi adalah salah satu kunci utama dalam memecahkan permasalahan linkungan, dan kami bersemangat bekerja sama dengan Siklus untuk memperkuat upaya pelestarian lingkungan dari hal-hal kecil berdampak besar, seperti cairan pembersih rumah tangga Siklus Home Care”.

Snap Clean secara konsisten menggunakan Surfaktan berbasis minyak nabati, bersifat mudah terurai (biodegradable) sehingga lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan iritasi. Seluruh produk Snap Clean termasuk Siklus Home Care telah teruji klinis dan bersertifikasi Halal, Kemenkes, MSDS, TKDN, dan ISO 9001:2015.

Saat ini, Siklus Home Care sudah dipasarkan di marketplace daring dan reseller. Siklus terus melakukan inovasi dalam menjalankan bisnisnya dengan tetap fokus mengusung solusi ritel berkelanjutan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Perusahaan startup ini melakukan tiga strategi bisnis untuk semakin tumbuh pesat.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved