Marketing

Studi Herbathos, Generasi Muda Rajin Membeli Jamu

Rempah-rempah untuk pembuatan jamu. (Ilustrasi foto : Dok).

swa.co.id, Jakarta-Penjualan jamu pada kuartal pertama tahun ini naik sebesar 20%. Konsumen berusia 18-35 tahun yang membeli jamu di periode ini berkontribusi besar terhadap penjualan jamu di Januari-Maret tahun ini. Data ini dirilis oleh PT Herbathos Untuk Indonesia (Herbathos) pada 27 Mei 2024. Berdasarkan studi Herbathos, generasi muda meminati dan mengapresiasi jamu sebagai warisan budaya dan refrensi gaya hidup yang alamiah.

Pengetahuan tentang jamu yang diwariskan dari keluarga, terutama ibu, adalah aset berharga. Meski beberapa responden menyebutkan rasa pahit dan aroma kurang menyenangkan dari jamu. Para responden dari generasi muda ini memberikan saran kreatif untuk menggabungkannya dengan minuman atau bahan lain. Konsumsi jamu yang cenderung sesekali, untuk kesehatan atau sebagai suplemen diet, seringkali disertai dengan musik populer dari artis seperti Mahalini, NDX, dan Sal Priadi.

Survei Herbathos juga menunjukkan preferensi visual konsumen, yang menunjukkan visual modern lebih disukai karena mencerminkan identitas mereka dan mendorong pembelian jamu. Meski demikian, visual klasik masih memiliki tempat di hati para pemuda-pemudi itu.

Direktur Utama Herbathos, Ahmad Zaini, mengatakan Herbathos optimistis untuk untuk mengintegrasikannya jamu ke gaya hidup anak-anak muda, walau ada rintangan dalam memperkenalkan jamu. "Kami berkomitmen untuk menghadirkan pendekatan yang lebih modern dan inovatif, yang resonan dengan kecintaan mereka pada musik dan budaya pop," ujar Ahmad pada Selasa, (28/5/2024).

Selama ini konsumsi jamu hanya cenderung sesekali dikonsumsi untuk kesehatan atau sebagai suplemen diet. Selain itu, jamu juga dikenal memiliki rasa pahit dan aroma kurang menyenangkan dari jamu. Sehingga dengan memahami preferensi dan kebiasaan generasi Z dan milenial, Herbathos mengintegrasikan jamu ke dalam gaya hidup modern, menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera anak-anak muda. Produk Herbathos ini diantaranya Etawalin, Freshmag, Zymuno, Freshvision, Etawaku Platinum dan Bio Insuleaf. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved