Trends

Jurus Bridgestone Indonesia Memangkas Emisi Karbon di Pabrik Ban

Mukiat Sutikno, Presiden Direktur Bridgestone Indonesia. (Foto : Istimewa).

swa.co.id, Jakarta- PT Bridgestone Tire Indonesia mengimplementasikan delapan vektor Bridgestone E8 Commitment untuk menyokong keberlanjutan (sutainability), diantaranya pilar Energi, Ekologi, dan Efisiensi. Bridgestone Indonesia mengkreasikan hasil nyata untuk mengurangi emisi karbon. Misalnya, menggunakan lampu LED yang menggantikan lampu neon pijar konvesional di pabrik Bridgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat. Penggantian lampu ini memangkas emisi karbon hingga 1.662 ton, turun 19% atau setara dengan penghematan biaya hingga Rp3 miliar per tahun.

Produsen ban ini mengurangi emisi karbon di fasilitas produksi dengan mengganti motor alat extruder, yang digunakan untuk memampatkan bahan karet menjadi berbagai bentuk, dari model DC ke AC. Langkah ini mampu mengurangi emisi karbon hingga 296 ton atau penghematan listrik sebesar 389.277 kWh, turun 19% dibandingkan periode sebelumnya.

Mukiat Sutikno, Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, mengatakan program pengurangan emisi karbon merupakan adalah salah satu cara untuk mendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. "Kami terus berinovasi menghadirkan produk berkualitas tinggi yang mengacu pada nilai-nilai kenyamanan, stabilitas, dan keamanan yang menjadi DNA setiap produk Bridgestone Indonesia," ujarnya dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Program Bridgstone Indonesia ini diapresiasi oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada acara bertajuk HPM Supplier Conference. HPM menyerahkan penghargaan Best CO2 Reduction dan Excellent in Quality kepada Bridgestone Indonesia.

Dua trofi yang diraih Bridgestone Indonesia pada ajang Honda Supplier Award (HSA) 2023. (Foto: Bridgestone Indonesia).

Sebelum meraih penghargaan Best CO2 Reduction, Bridgestone Indonesia menjalani tahapan seleksi. Pada tahap pertama ada proses seleksi lima perusahaan pemasok dengan penurunan emisi karbon terbesar. Kemudian lanjut ke tahap seleksi tiga terbaik perusahaan pemasok dengan genba (melihat lokasi sebenarnya) yang memantau aktivitas penurunan emisi karbon dengan ide terbaik, dan presentasi final tiga perusahaan pemasok terbaik.

Untuk kategori penghargaan Excellent in Quality, penghargaan diberikan berdasarkan performa kualitas produk ban Bridgestone Indonesia. Berdasarkan catatan HPM, Bridgestone Indonesia sebagai salah satu pemasok ban resmi Honda tidak memiliki klaim kualitas sepanjang tahun 2023. HPM Supplier Conference adalah acara tahunan yang rutin diadakan oleh HPM untuk memberikan penghargaan kepada pemasok atas upaya mereka dalam berbagai bidang kemitraan dan rantai pasok. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved