CSR Corner

L’Oréal Indonesia Dukung Perempuan Mengembangkan Riset dan Berinovasi

L’Oréal-UNESCO For Women in Science. 9Foto: L'Oreal Indonesia0.

swa.co.id, Jakarta- Dalam mendukung semangat Hari Kebangkitan Nasional, L’Oréal Indonesia memperkuat komitmennya untuk memberdayakan masyarakat, terutama perempuan, melalui berbagai inovasi di bidang pendidikan dan penelitian.Berpijak pada visi menciptakan kecantikan yang menggerakkan dunia, L’Oréal Indonesia merayakan kontribusi penting perempuan dalam ilmu pengetahuan melalui acara Beauty That Moves: Women in Science.

L’Oréal Indonesia juga memperingati 20 tahun pelaksanaan program L’Oréal-UNESCO For Women in Science dengan mengundang empat alumni inspiratif dari program tersebut. Mereka adalah Dr. Ines Irene Caterina Atmosukarto, pemenang pertama program L’Oréal-UNESCO For Women in Science dari Indonesia, Prof. Dr. Fenny Martha Dwivany, Guru Besar Institut Teknologi Bandung dan anggota dewan juri program ini,.

Kemudian, Dr. Noryawati Mulyono S. Si, pendiri Biopac.id dan alumni program tersebut, serta Dr. Pietradewi Hartrianti, Dekan School of Life Sciences di Indonesia International Institute for Life-Sciences dan pemenang program L’Oréal-UNESCO For Women in Science 2023. Para perempuan ini membuktikan bahwa perempuan dapat mengeksplorasi diri dan berperan sebagai peneliti.

Sains dan perempuan adalah dua hal yang sangat dekat dengan L’Oréal. “Selama 115 tahun L’Oréal berinovasi, perkembangan sains terus menjadi fokus utama kami. Secara global, kami memiliki lebih dari 4000 peneliti yang menghasilkan 610 paten hanya pada 2023. Yang lebih istimewa, lebih dari setengah (54%) paten tersebut dihasilkan oleh peneliti perempuan. Di Indonesia, kami juga terus mendukung kemajuan perempuan dalam sains dan ilmu pengetahuan,” kata Chief of Corporate Affairs, Engagement and Sustainability L’Oréal Indonesia, Melanie Masriel, dalam siaran pers pada Rabu (29/5/2024).

Herawati, yang juga menjadi dewan juri program L’Oréal-UNESCO For Women in Science, mengapresiasi program ini yang memberikan pendanaan penelitian dan mewadahi peneliti perempuan untuk mengekspresikan kreativitas dan inovasi. Program ini mendukung peneliti perempuan di bidang life sciences dan non-life sciences, memberikan akses ke berbagai sumber daya yang diperlukan untuk menghasilkan riset yang lebih efektif dan produktif. Dengan mengatasi hambatan finansial, program ini memungkinkan mereka mengejar proyek ambisius yang berpotensi memberikan dampak besar terhadap pembangunan bangsa.

Konsistensi akhirnya membuahkan hasil yang baik. Program L’Oréal-UNESCO For Women in Science membuktikan komitmen L’Oréal Indonesia dalam mendukung perempuan peneliti berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Menurut data Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2023, tingkat partisipasi peneliti perempuan di Indonesia mencapai 45%, lebih tinggi dari rata-rata global yang mencapai 33%.(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved