Technology

Kemitraan XL Axiata dan Ericsson Memacu Adopsi 5G

(kiri-kanan) Krishna Patil, Head of Ericsson Indonesia dan Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata di event Ericsson Imagine Live 2024 di Jakarta pada Rabu,29 Mei 2024. (Foto : Ericsson)

swa.co.id, Jakarta- PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengayunkan langkah bisnis strategis seiring kemitraan bersama Ericsson untuk mengimplementasikan solusi dual-mode 5G Core. Kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat infrastruktur jaringan XL Axiata dengan teknologi yang mendukung evolusi menuju jaringan 5G yang lebih cepat dan lebih efisien.

Dual-mode 5G core Ericsson akan menggabungkan layanan 4G dan 5G XL Axiata ke dalam suatu jaringan inti yang terintegrasi penuh, serta berbasis kontainer dan cloud-native. Artinya, solusi ini tidak hanya menyediakan kapasitas dan kecepatan yang diperlukan untuk mendukung layanan 5G, tetapi juga memastikan kompatibilitas dengan jaringan 4G yang sudah ada. Teknologi ini akan digunakan pertama kalinya di area baru berlokasi di Jawa Timur untuk memenuhi kenaikan arus data di wilayah tersebut.

Berdasarkan gabungan dan perluasan kemampuan 4G, serta penambahan layanan 5G sesuai dengan kebutuhan operasional dan bisnis XL Axiata, solusi baru ini akan membawa peningkatan kinerja yang signifikan. Solusi ini akan menjadikan jaringan lebih tahan lama dan mengurangi biaya yang terkait dengan jaringan inti seiring dengan diluncurkannya konektivitas dan layanan baru kepada pelanggan.

Solusi dual mode 5G Core dari Ericsson memanfaatkan arsitektur cloud-native untuk memastikan XL Axiata memiliki akses ke pembaruan perangkat lunak dan fitur-fitur terbaru dan dapat melakukan pembaruan sesuai kebutuhan ketika menghadirkan layanan baru ke masyarakat.

Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan perseroan bersiap untuk melakukan transisi dari solusi-solusi inti ke jaringan terintegrasi Dual-Mode 5G Core yang berbasis teknologi cloud-native untuk 4G dan 5G. "Melalui kolaborasi dengan Ericsson, kami berharap bisa dapat mengelola pertumbuhan pelanggan secara efisien di tahun 2024 dan seterusnya, serta mengantisipasi penurunan biaya,” ujar Gede di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Pada kesempatan ini, Head of Ericsson Indonesia, Krishna Patil mengatakan Ericsson berkomitmen untuk mendukung XL Axiata dalam menyediakan teknologi terkini. Kami yakin bahwa dual-mode 5G core dari Ericsson akan mendukung XL Axiata dalam memberikan pengalaman kelas dunia kepada para pelanggannya. "Solusi ini memungkinkan operasional yang harmonis dari arsitektur jaringan inti 4G dan 5G XL Axiata, membuka potensi penuh 5G dengan tetap memanfaatkan infrastruktur yang tersedia," ucap Krishna.

Peluncuran teknologi baru ini menunjukkan komitmen kedua perusahaan untuk memajukan agenda transformasi digital di Indonesia. Diharapkan lewat peningkatan infrastruktur dan layanan, akan turut mendorong pemberdayaan masyarakat dan bisnis lokal untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi global. Harga saham EXCL sejak awal tahun hingga 29 Mei 2024 tumbuh sebesar 20,5% atau naik menjadi Rp2.410. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved