Technology

IntelliBroń Tawarkan Keamanan Siber, Bidik Segmen UKM Tangkal Anomali Siber

IntelliBroń Tawarkan Keamanan Siber, Bidik Segmen UKM Tangkal Anomali Siber
(ketiga dari kanan) Joseph Edi Hut Lumban Gaol, Presiden Direktur PT ITSEC Asia Tbk, disela-sela peluncuran IntelliBroń di Jakarta pada Rabu, 29 Mei 2024.(Foto: Darandono/SWA).

swa.co.id, Jakarta - Ketersediaan sumber daya ahli keamanan siber yang kompeten di Indonesia menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Peluang ini diendus PT ITSEC Asia Tbk (CYBR) untuk mengembangkan produk layanan keamanan sistem informasi yang dapat dijangkau dan digunakan oleh konsumen.

Sepanjang tahun lalu lebih dari 400 juta anomali siber di Indonesia dan gejala ini diprediksi terus meningkat sehingga urgensi dari pembentukan infrastruktur keamanan siber dalam berbagai lapisan sektor industri akan menjadi semakin penting. Anomali siber itu tidak hanya menyasar korporasi besar, namun juga organisasi kecil maupun individu.

Bepijak dari hal itu, ITSEC Asia meluncurkan IntelliBroń yang merupakan sebuah sistem keamanan siber terintegrasi dalam sebuah jaringan untuk menjadi solusi bagi tantangan cyber security kepada UKM.

Joseph Edi Hut Lumban Gaol, Presiden Direktur ITSEC Asia, mengatakan tim Research and Development ITSEC Asia mengkreasikan inovasi pada layanan IntelliBroń sebagai solusi keamanan siber yang dirancang tepat guna untuk digunakan pelaku usaha menangkal anomali siber.

IntelliBroń merupakan perangkat sistem keamanan siber dan peringatan dini yang dapat mendekteksi anomali siber yang mencurigakan melalui monitoring system (dashboard) bernama Bellatrix, dan Network Threat Detector (Hardware) yang dinamakan Rigel. Dashboard sendiri adalah fitur dimana seorang analis keamanan siber melakukan monitoring dan analisa dari aktivitas mencurigakan yang berhasil terdeteksi, serta melakukan pencatatan atas respon yang dapat dilakukan.

Sedangkan Threat Detector adalah hardware yang dipasang di dalam jaringan milik pengguna IntelliBroń untuk membaca, menganalisa dan mendeteksi aktivitas yang lewat dalam jaringan, baik itu antar internal atau dengan pihak eksternal.

IntelliBroń memantau seluruh aktivitas siber dan data trafficyang ada dalam perusahaan, dan mengirimkan notifikasi secara real-time apabila ditemukan adanya aktivitas siber yang mencurigakan. Notifikasi tersebut dapat membantu perusahaan dalam menentukan langkah mitigasi yang dapat dilakukan.

IntelliBroń merupakan hasil kolaborasi ITSEC Asia dengan XL Axiata Company & Hypernet Technologies, sebagai mitra strategis, dan dalam pelaksanaannya menunjuk DEFEND IT360 untuk memasarkan produk tersebut.

Rasyid Sahputra Head of Research & Development ITSEC Asia , menambahkan fitur yang disematkan dalam IntelliBroń bukan hanya merupakan fitur-fitur mainstream, namun juga fitur terkini seperti Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning. “IntelliBroń telah mengadopsi berbagai fitur yang diperlukan dalam menciptakan ekosistem siber yang aman di dalam perusahaan,” kata Rasyid di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Teknologi AI yang disematkan dalam IntelliBroń juga memiliki sistem pembelajaran mandiri karena telah diprogram dengan informasi terkait aktivitas siber mencurigakan yang dapat diantisipasi. Layaknya CCTV, IntelliBroń akan mendeteksi aktivitas / traffic siber dalam sistem perusahaan. Apabila muncul kejanggalan berdasarkan database yang ada, maka IntelliBroń akan segera mengirim notifikasi yang dapat membantu SMEs untuk menentukan langkah pencegahannya.

Sudino Oei, CTO Hypernet Technologies, menuturkan solusi keamanan siber ini dirancang untuk memberdayakan UKM, melindungi aset digital mereka dari serangan canggih, dan memberikan ruang lebih untuk inovasi dan pertumbuhan tanpa kekhawatiran. Dengan akses perlindungan siber terbaik, UKM dapat fokus pada pengembangan bisnis, meningkatkan daya saing, dan berkontribusi lebih besar bagi perekonomian Indonesia,” ujar

Feby Sallyanto, Chief Enterprise Business Officer PT XL Axiata Tbk, menegaskan XL Axiata mendukung penuh langkah strategis DEFEND IT360 sebagai mitra ekslusif ITSEC Asia dalam memasarkan solusi keamanan siber bagi UKM ini. Kolaborasi kedua perusahaan ini strategis untuk XL Axiata Business Solutions (XLABS) memperkuat penyediaan layanan solusi keamanan siber bagi para pelanggan segmen business to business, termasuk UKM.

Harga saham CYBR pada 29 Mei 2024 (year to date) tumbuh sebesar 97,07% atau menjadi Rp406. Pada periode ini, harga saham XL Axiata menjadi Rp2.410, melonjak 20,5%. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved