Capital Market & Investment

Investor Kripto Dihimbau Alokasikan Aset di Fase Altseason

Foto : Istimewa.

swa.co.id, Jakarta - Jumlah investor kripto di Indonesia pada April 2024 sebanyak 20,16 juta orang. Jumlah ini melampaui investor pasar modal yang sebanyak 12,4 juta di bulan lalu. Di periode yang sama, transaksi kripto di Indonesia juga menyentuh Rp158,84 triliun.

Research Analyst Reku dan Web3 Educator, Michael Wyann, menyampaikan harga historikal bitcoin mengalami reli pada rentang waktu sekitar 1-6 bulan setelah halving. Kemudian, pasar kripto diikuti oleh kemunculan Altcoin Season atau Altseason. "Altseason terjadi saat altcoin mencatatkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan bitcoin. Kemunculan altcoin dapat dilihat dari sejumlah indikator, seperti volume transaksi altcoin. Biasanya, setelah altcoin mengalami penurunan, akan kembali stabil dan pulih. Indikator selanjutnya adalah ketika momentum bitcoin mulai melemah, serta optimisme investor terhadap Altseason," jelas Michael pada Rabu (29/5/2024).

Di tengah potensi dan optimisme Altseason seperti saat ini, investor perlu mengoptimalkan momentum dengan cermat. Michael mengingatkan, sebelum kenaikan harga Altcoin muncul, justru dapat menjadi peluang bagi investor untuk berinvestasi atau trading di harga yang lebih rendah.

Strategi untuk investor pemula dan konservatif antara lain dengan berinvestasi rutin atau dollar cost averaging (DCA), sebab timing the market akan menantang dibandingkan periode sebelumnya. Dengan begitu, investor bisa berinvestasi pada nominal tertentu dan memberikan harga rata-rata menarik. Namun tidak perlu khawatir, walaupun membeli di harga yang beragam, investor tidak perlu menghitung secara manual untuk mengetahui estimasi laba atau rugi, karena informasinya mudah diakses di berbagai platform crypto exchange.

Sementara bagi traders, situasi menjelang Altseason dapat dimanfaatkan dengan menyusun strategi trading yang lebih agresif seperti day trading atau swing trading, untuk memanfaatkan volatilitas untuk meraih keuntungan cepat. Selain itu, memperhatikan analisis teknikal dan sentimen pasar juga dapat membantu traders mengambil keputusan yang strategis.“Traders juga dapat memposisikan portofolio kriptonya di dalam narasi yang tepat, sebab penting untuk mengikuti tren dan perkembangan terbaru di pasar, demi memastikan bahwa alokasi aset para traders sudah sesuai dengan proyek dan koin yang memiliki potensi pertumbuhan di masa depan," jelas Michael. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved