Capital Market & Investment

Emiten Hermanto Tanoko (CLEO) Tebar Dividen Rp60 Miliar

Jajaran direksi PT Sariguna Primatirta Tbk pada paparan publik virtual, Kamis, 30 Mei 2024. (Tangkapan layar : Vicky Rachman/SWA).

swa.co.id, Jakarta- PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) membagikan dividen senilai Rp60 miliar untuk para pemegang sahamnya. Jumlah dividen yang dibagikan CLEO sekitar 20% dari total laba bersih di tahun 2023. Pembagian dividen ini seiring program perseroan yang gencar berinvestasi untuk menambah jaringan pabrik dan distribusi untuk mendukung pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan.

Perseroan mengapresiasi para pemegang saham yang telah berkenan menginvestasikan dananya di saham CLEO. “Berkat partisipasi dan kepercayaan para pemegang saham, CLEO dapat terus tumbuh berkembang secara berkesinambungan. Kami pastikan, pembagian sebagian laba bersih sebagai dividen ini tidak akan menghalangi kegiatan ekspansi yang terus gencar dilaksanakan," kata Melisa Patricia, CEO dari CLEO pada paparan publik virtual pada Kamis (30/5/2024).

Guna memperluas jangkauan kepada para pelanggan sekaligus semakin mempersolid kerja tim distribusi, CLEO telah melakukan integrasi vertikal ratai pasok (supply chain) lini bisnis distribusi oleh PT Sentralsari Primasentosa (PT SPS). Integrasi vertikal ini diharapkan akan semakin meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dari tim distribusi.

Selain itu, CLEO pada tahun ini berekspansi di beberapa wilayah di Indonesia, diantaranya dengan membuka tiga pabrik baru. Pabrik ini berlokasi di Pontianak, Pekanbaru, dan Palu. Nantinya, jumlah pabrik perseroan itu bertambah menjadi 35 unit pada tahun ini. Untuk keperluan ekspansi tersebut, perseroan telah menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) tahun 2024 sebesar Rp450 miliar. “Kami juga menggunakan teknologi nano filter yang investasinya tidak sedikit, kami berinovasi untuk mengembangkan produk di industri air minum dalam kemasan (AMDK),” tutur Melisa.

Sejauh ini, perseroan pada kuartal pertama tahun 2024 ini mendorong laju penjualan yang tumbuh sebesar 38% atau menjadi Rp626,5 miliar dari Rp455,4 miliar di periode yang sama tahu lalu. Laba bersih tumbuh sebesar 92% atau menjadi Rp115,3 miliar. Hermanto Tanoko adalah Komisaris Utama dan pendiri CLEO. Hermanto dikenal publik sebagai crazy rich asal Surabaya lantaran bertengger di jajaran orang terkaya se-Indonesia versi Forbes. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved