Personal Finance

Resep Finansial ala Manulife Mempersiapan Keuangan di Masa Depan

Ilustrasi foto : Istimewa.

swa.co.id, Jakarta- Kesejahteraan finansial (financial well-being) untuk menjamin masa depan merupakan salah satu harapan yang ingin dicapai seluruh individu. Menurut penelitian dari Centre for Social Impact & Social Policy Research Centre di University of New South Wales Sydney for Financial Literacy Australia, kesejahteraan finansial adalah ketika seseorang mampu memenuhi pengeluaran dan memiliki sisa uang, memegang kendali atas keuangannya, serta merasa aman secara finansial, baik saat ini maupun di masa depan.

Kesejahteraan finansial sangat penting untuk kepuasan dan keamanan hidup secara keseluruhan. Untuk mencapainya, diperlukan kombinasi antara kebiasaan manajemen keuangan yang baik, kesadaran, dan perencanaan strategis.

Manulife Indonesia berkomitmen untuk membantu setiap pihak untuk membuat hidup lebih baik dengan menyediakan inovasi produk serta layanan. Perusahaan yang terafiliasi dengan Manulife Financial Corporation Group ini memahami pentingnya kesejahteraan finansial dan membantu masyarakat mengelola keuangan dan memudahkan keputusan serta membuat hidup lebih baik.

Kesejahteraan finansial bukan hanya tentang uang, tetapi juga tentang keamanan, kebebasan dalam mengelola keuangan, dan kesiapan untuk menata keuangan serta diri untuk memiliki tujuan keuangan dengan jelas.

Asuransi memainkan peran penting dalam perencanaan keuangan dengan memberikan perlindungan terhadap situasi-situasi yang tidak pasti. Setiap tahunnya, biaya kesehatan dan pengobatan terus meningkat. Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan klaim asuransi kesehatan meningkat secara signifikan dalam tiga tahun terakhir dengan rata-rata peningkatan hampir 30% akibat inflasi medis. Jika Anda tidak memiliki perlindungan kesehatan, hal-hal tersebut akan membebani keuangan.

Inilah tips dan trik mengelola keuangan untuk mencapai kesejahteraan finansial;

1. Menyusun rencana keuangan yang komprehensif dengan mengevaluasi situasi keuangan saat ini, termasuk pendapatan, pengeluaran, aset, dan kewajiban.

2. Membuat anggaran dan menabung dengan bijaksana.

Buatlah anggaran yang realistis yang mencakup semua pendapatan dan pengeluaran.

3. Melindungi diri dari peristiwa tak terduga.

Pastikan keamanan finansial dengan mempersiapkan diri untuk kejadian tak terduga seperti sakit, kehilangan pekerjaan atau bahkan kematian.

4. Berinvestasi untuk Menjamin Masa Depan yang Lebih Baik

Berinvestasi adalah kunci untuk membangun aset dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

5. Merencanakan masa pensiun yang aman

Pastikan stabilitas keuangan di hari tua dengan berkontribusi secara teratur ke akun pensiun seperti program pensiun DPLK atau program pensiun swasta.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved