Trends

Layanan Ninja Xpress Memudahkan UMKM Mengekspor Produk Lokal ke Asia Tenggara

Ilustrasi layanan Ninja International Deliveries. (dok. Ninja Xpress)

swa.co.id, Jakarta- Ninja Xpress mempermudah pengiriman barang keluar negeri dan peningkatan ekspor produk lokal guna mempermudah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini dilakukan dengan cara berkolaborasi dengan Lincah.id, penyedia platform yang mendukung pengiriman kepada para pelaku bisnis online. Pada kerja sama ini, Ninja Xpress menjadi mitra eksklusif pengiriman seluruh produk yang dikirimkan melalui Lincah.id ke berbagai negara di Asia Tenggara khususnya Malaysia dan Singapura.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional di 2023 mencapai 15,7%. Kontribusi ekspor UMKM tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2020 yang hanya mencapai 14,37%. Hanya saja, dengan potensi perkembangan UMKM di Indonesia, pemerintah menargetkan untuk mendorong adanya peningkatan ekspor produk UMKM dengan kontribusi mencapai 17% dari total ekspor nasional.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan guna meningkatkan ekspor produk lokal Indonesia keluar negeri yaitu melalui penyediaan layanan pengiriman internasional yang terintegrasi dan dapat dimanfaatkan dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress, mengatakan ketersediaan ekosistem pengiriman internasional untuk produk UKM yang seringkali menjual produk dengan skala kecil itu memberikan tantangan kepada para pelaku UKM. “Melihat tantangan tersebut, Ninja Xpress sebagai penyedia layanan pengiriman, menyediakan layanan pengiriman internasional dengan ekosistem pengiriman end-to-end yang sudah terbangun di negara-negara di Asia Tenggara khususnya Malaysia dan Singapura. Menyambut baik kolaborasi dengan Lincah.id, kami berharap kerja sama ini dapat mempermudah para pelaku UKM untuk go global dan juga mendukung peningkatan ekspor produk lokal Indonesia,” ujar Andi dalam keterangan resminya yang dikutip pada Kamis (30/5/2024).

Ninja International Deliveries merupakan fasilitas pengiriman internasional yang memberikan akses kepada para pelaku UKM untuk dapat dengan mudah melakukan pengiriman barang keluar negeri, khususnya ke Singapura dan Malaysia secara end to end.

Layanannya antara lain pengurusan dokumen, pengiriman pertama, pengiriman udara, bea cukai, pengiriman terakhir hingga penyediaan fasilitas cash on delivery (COD) lintas negara. Melalui kolaborasi dengan lincah.id, UKM dapat mengirimkan paket ke negara-negara dengan mudah dan terjangkau tanpa adanya minimal volume pengiriman.

Yudha Trisna, CEO dan Founder Lincah.id, mengapresiasi kemitraan dengan Ninja International Deliveries untuk memperluas jangkauan layanan pengiriman internasional kami. Ninja Xpress memiliki ekosistem pengiriman yang solid tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara Asia Tenggara lainnya. "Dengan ekosistem ini, kami dapat memastikan pengiriman yang efisien dari penjemputan paket, pengiriman, hingga pengantaran paket sampai tujuan dengan tepat waktu," ucap Yudha. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved