Trends

Memacu Literasi Asuransi Generasi Z

Kerjasama Zurich Indonesia dengan Civitas UI. Foto: Zurich Indonesia

swa.co.id, Jakarta- PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Zurich General Takaful Indonesia, dan PT Zurich Topas Life (Zurich Indonesia) berkolaborasi dengan PT Universal Indonesia Mobile (UI Mobile) untuk meningkatkan literasi dan inklusi asuransi melalui aplikasi super yang ditujukan khusus untuk civitas akademika Universitas Indonesia (UI).

Pada kemitraan ini, Zurich Indonesia akan dapat menjangkau lebih dari 27.000 mahasiswa aktif, alumni, dosen, orang tua, dan staf universitas yang berada dalam ekosistem digital UI Mobile. Kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong kesadaran dan akses terhadap asuransi umum konvensional, asuransi umum syariah, serta asuransi jiwa di kalangan akademisi.

Edhi Tjahja Negara, Country Manager Zurich Indonesia, mengungkapkan proteksi asuransi belum dianggap sebagai prioritas di kalangan muda, padahal kebiasaan ini seharusnya dimulai sejak usia muda. "Kolaborasi ini adalah langkah awal untuk memperkenalkan asuransi yang lebih mudah dipahami dan diakses di lingkungan akademik, sehingga seluruh pihak yang terlibat dapat mengetahui berbagai manfaat asuransi dalam mengelola risiko tidak terduga dan perencanaan keuangan yang lebih baik," ujar Edhi pada keterangan tertulis, Kamis (30/5/2024)

Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi dan inklusi di sektor asuransi di Indonesia masih di bawah level lembaga jasa keuangan (LJK) lainnya. Literasi di sektor perasuransian berada pada level 31,7%, sedangkan inklusi pada level 16,6%.

Selaras dengan Zurich Indonesia, Direktur UI Mobile, Kurniawan Saktiaji, mengatakan kerja sama ini merupakan langkah penting untuk memberikan pemahaman tentang asuransi kepada kalangan muda dengan pendekatan yang sesuai dengan karakter mereka, mengingat mereka adalah generasi yang paling memahami teknologi. Kerja sama dengan Zurich Indonesia yang memasukkan elemen asuransi dalam keseharian para mahasiswa dan ekosistem UI Mobile lainnya menjadi langkah yang menarik. Kami optimis bahwa kerja sama ini akan diterima dengan baik dan dimanfaatkan oleh civitas akademika UI.

UI Mobile menyediakan berbagai layanan penting termasuk pengecekan nilai siswa, informasi kegiatan belajar mengajar, informasi kegiatan mahasiswa, fitur e-wallet, pembayaran biaya kuliah, dan berbagai fitur gaya hidup, termasuk pembelian tiket perjalanan. Melalui kolaborasi antara Zurich Indonesia dan UI Mobile, berbagai informasi tentang perlindungan asuransi juga dapat diakses melalui aplikasi ini, termasuk asuransi kecelakaan diri, asuransi perjalanan, serta berbagai produk asuransi lainnya yang ditawarkan secara terpisah. "Kolaborasi strategis ini merupakan wujud komitmen Zurich Indonesia untuk meningkatkan kesadaran dan akses terhadap asuransi bagi masyarakat yang lebih luas guna menciptakan masa depan yang lebih cerah bersama,” sebut Edhi. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved