Financial Report

Strategi AIA Financial Bukukan Laba Rp1,6 Triliun

Foto: AIA Financial

swa.co.id, Jakarta- PT AIA Financial (AIA) pada 2023 mencatatkan laba setelah pajak sebesar Rp1,6 triliun. Pencapaian ini mencerminkan kedisiplinan manajemen dalam pengelolaan keuangan dan komitmen terhadap keberlanjutan bisnis, serta peran AIA dalam mendukung jutaan keluarga di Indonesia untuk hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik. AIA mencatat total laba komprehensif sebesar Rp918 miliar, total pendapatan premi Rp10 triliun, dan rasio risk based capital (RBC) sebesar 434% untuk bisnis konvensional, 3146% untuk dana tabarru syariah, dan 12584% untuk dana operator syariah.

AIA melaporkan rasio solvabilitas yang melebihi standar regulasi, yang menunjukkan kemampuan aset mereka untuk memenuhi komitmen kepada pemegang polis. Hal ini menegaskan kesehatan keuangan AIA yang kuat dan menempatkannya sebagai salah satu pemimpin industri dengan tingkat modal solvabilitas yang solid, hasil dari berbagai inisiatif strategis perusahaan.

Selain itu, AIA berhasil mengelola total uang pertanggungan (UP) sebesar Rp749 triliun, meningkat 37% dalam lima tahun terakhir. Peningkatan ini mencerminkan kepercayaan nasabah terhadap reputasi AIA sebagai perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia.

Sainthan Satyamoorthy, Presiden Direktur AIA, menyatakan kinerja keuangan AIA pada 2023 mencerminkan keberhasilan strategi dan prioritas jangka panjang perusahaan serta mencerminkan komitmen untuk menjaga kepercayaan dari banyak pihak, termasuk nasabah dan mitra bisnis. "Kami konsisten untuk menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan pendapatan operasional yang kuat, didukung oleh jalur distribusi yang profesional, tepercaya dan mahir digital," ucap Sainthan dalam keterangan pers pada Kamis (30/5/2024).

Perusahaan asuransi jiwa ini memenuhi komitmennya kepada pemegang polis dengan mencatat total pembayaran klaim sebesar Rp10 triliun pada 2023. Dalam lima tahun terakhir, AIA telah membayarkan total kumulatif klaim dan manfaat asuransi sebesar Rp49 triliun.

AIA juga memimpin industri dalam pengembangan produk dengan inovasi yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan nasabah di berbagai segmen, termasuk segmen High Net Worth. Pada 2023, AIA meluncurkan program loyalitas AIA Altitude untuk segmen ini, memberikan nilai tambah dan fasilitas untuk kebutuhan kesehatan dan gaya hidup mereka.

Selain itu, AIA mempertahankan komitmennya terhadap layanan berkualitas tinggi melalui Premier Agency, yang menyediakan tim distribusi agen profesional, tepercaya, dan mahir digital, serta melalui kemitraan strategis dengan bancassurance untuk melayani jutaan keluarga di Indonesia. AIA berperan penting dalam meningkatkan penetrasi asuransi dan meningkatkan layanan untuk memberikan perlindungan jangka panjang dan kepuasan nasabah.

Melalui AIA Vitality, program Health and Wellness dengan pendekatan shared value, AIA mengubah pandangan masyarakat tentang asuransi. Program ini memotivasi nasabah untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan cara yang menyenangkan dan rewards yang menarik, meningkatkan kesehatan nasabah dan memberikan pengalaman unik dalam berasuransi.

Selain itu, AIA menjalankan prinsip-prinsip keberlanjutan (ESG) melalui praktik operasional dan berbagai inisiatif bisnis. Program One Policy One Tree (Satu Pohon, Satu Polis) bekerja sama dengan Coldplay Music of the Spheres dan One Tree Planted untuk menanam pohon untuk setiap polis nasabah, berkontribusi pada mitigasi dampak perubahan iklim di Indonesia dan menciptakan lingkungan hidup yang lebih sehat.

AIA juga menjalankan program AIA Healthiest School (AHS) untuk mendidik siswa tentang pentingnya hidup sehat melalui modul pembelajaran yang berfokus pada makan sehat, gaya hidup aktif, kesejahteraan mental, serta kesehatan dan keberlanjutan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved