Trends

Celebi Aviation Turki Berekspansi di Pasar Aviasi Indonesia

Çelebi Aviation akan beroperasi di 26 bandara di Indonesia (Foto: Eva Martha Rahayu/SWA)

swa.co.id, Jakarta- Çelebi Aviation mengayunkan langkah bisnisnya seiring pembukaan operasional dan layanannya di Indonesia. Perusahaan aviasi asal Turki itu akan melayani jasa aviasi di 26 bandara udara di Indonesia. Dave Dorner, Group CEO Çelebi Aviation, menjelaskan ekspansi Celebi Aviation di Indonesia dengan mengakuisisi Prathita Titiannusantara (PTN) dan melayani pelanggan serta mitra bisnisnya dengan sesuai standar dan efisiensi terbaik. Çelebi Aviation akan melayani di 26 bandara di Indonesia, sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan dan perkembangan penting di Asia.

Çelebi Aviation akan menyediakan layanan darat, penerbangan umum, serta layanan khusus lainnya. Beroperasi di 6 negara dan lebih dari 60 station di tiga benua, Çelebi Aviation melayani pelanggannya di seluruh dunia dari kantor pusatnya di Turki serta di India, Hungaria, Jerman, Tanzania, dan Indonesia.

Canan Çelebioğlu, Ketua Dewan Direksi Çelebi Aviation Holding, menyatakan optimismenya tentang investasi baru ini. “Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk pertumbuhan dan perkembangan di sektor aviasi, dengan lokasi yang strategis, ekonomi yang sedang berkembang pesat, dan budaya yang beragam. Kami ingin berkontribusi pada lanskap penerbangan negara ini, mendukung kemajuan ekonominya, dan menjadi mitra terpercaya dalam perjalanannya yang sejalan dengan visi pemerintah Indonesia,” ujar Çelebioğlu seperti ditulis pada Jumat (31/5/2024).

Sebelum memutuskan berinvestasi di Indonesia, Çelebi mempertimbangkan potensi pertumbuhan dan kebijakan negara tujuan investasi terhadap investor asing, dan kesesuaian budayanya. “Kami memandang investasi kami sebagai komitmen jangka panjang, mencari cara untuk berkontribusi pada pengembangan negara tersebut sembari menyelaraskan dengan kebijakan dan tujuannya,” dia menambahkan.

Perusahaan penyedia layanan ground handling, kargo & gudang, dan penerbangan umum asal Turki itu menyoroti ekspansi global dan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan. Çelebi Aviation telah berkembang pesat sejak didirikan tahun 1958 sebagai penyedia layanan ground handling swasta pertama di Turki. “Perjalanan kami di Indonesia menandai babak baru untuk cerita perkembangan. Çelebi Aviation membawa warisan integritas dan keunggulan, serta ingin memberikan dampak positif pada sektor aviasi Indonesia. Mengedepankan teknologi dan inovasi, memungkinkan kami untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang sekaligus mengurangi jejak lingkungan kami,” ucapnya.

Murali Ramachandran, Presiden Çelebi Aviation untuk kawasan India & Asia Tenggara, mengamati pasar aviasi di Indonesia ini berpotensi menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Ini menjadikannya sektor yang sangat baik untuk pergerakan penumpang maupun kargo. Masuknya Celebi ke pasar dinamis ini menegaskan komitmen untuk berkontribusi pada infrastruktur penerbangan dan pembangunan ekonomi Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, menekankan pentingnya investasi Çelebi Aviation di Indonesia. Sandiaga, pada sambutan virtualnya, mengatakan Turki dan Indonesia berperan penting di panggung global dan bersemangat untuk mewariskan warisan signifikan kepada generasi mendatang. Kedua negara juga terletak di persimpangan penting, yakni Selat Malaka yang dilalui lebih dari 50% perdagangan global dan Bosphorus, jembatan bersejarah yang menghubungkan Asia dan Eropa. “Kerja sama ini dapat dibina melalui perdagangan dan pariwisata, yang meningkatkan pertukaran antar rakyat Turki dan Indonesia. Saya berharap investasi Çelebi Aviation di Indonesia dapat menjadi strategi penting sebagaimana Indonesia berkembang untuk menjadi pusat dunia untuk pariwisata dan perdagangan, termasuk e-commerce di wilayah kita. Saya berharap langkah ini akan memperkuat ikatan kedua negara dan melahirkan kerja sama yang signifikan,” jelas Sandiaga.

Pada kesempatan ini, Mokhammad Khusnu, Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Hubungan Masyarakat dan Umum, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, mengatakan industri penerbangan Indonesia mendorong pembangunan, perekonomian, memfasilitasi perdagangan, meningkatkan pariwisata, dan menautkan konektivitas antar bangsa. “Kami berharap kehadiran Çelebi Aviation di Indonesia dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap sektor transportasi udara Indonesia. Selain itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia juga berharap dengan pengalaman Çelebi Aviation, kemitraan ini akan mendukung peningkatan komitmen kami, tidak hanya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, tetapi juga untuk lebih mematuhi standar keselamatan dan keamanan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO),” ungkap Khusnu.

Talip Küçükcan, Duta Besar Turki untuk Indonesia, menyebutkan pengalaman, teknologi, dan pengetahuan Çelebi Aviation dapat berkontribusi pada Indonesia. Ekspansi Çelebi Aviation ke Indonesia diharapkan menciptakan banyak peluang bagi penyerapan tenaga kerja lokal dan pengembangan industri. Komitmen perusahaan terhadap inovasi, keberlanjutan, dan layanan berkualitas akan memainkan peran penting dalam meningkatkan sektor aviasi Indonesia dan memperkuat hubungan bilateral. Pasar aviasi Indonesia, yang menyambut sekitar 750.000 penerbangan setiap tahun, diperkirakan akan tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 7% dalam lima tahun ke depan.

Didirikan sejak tahun 1958, Çelebi sekarang beroperasi di lebih dari 60 stasion di seluruh dunia. Perusahaan ini berkomitmen untuk memberikan kualitas layanan terbaik dan solusi inovatif. Layanan Çelebi meliputi penanganan penumpang, layanan landasan, pengendalian beban, operasi penerbangan, dan pembersihan pesawat. Perusahaan terus berinvestasi dalam teknologi terdepan dan pelatihan yang ketat, sesuai dengan standar keselamatan dan kualitas internasional.

Dengan kehadiran di beberapa negara, termasuk Turki, India Hungaria, Jerman, Tanzania, dan Indonesia, Çelebi memiliki lebih dari 14.000 karyawan dan memberikan layanan kepada lebih dari 300 pelanggan maskapai. Didorong oleh nilai integritas, fokus pada pelanggan, kerja sama tim, dan inovasi, Çelebi bertujuan untuk melampaui harapan pelanggan dan meningkatkan efisiensi serta keamanan industri aviasi. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved