CSR Corner

Citra Gelorakan Pemberdayaan Perempuan dan UMKM

Sesi Talkshow Piala Citrapreneur. Foto: (Audrey/SWA)

swa.co.id, Jakarta-Citra membuktikan komitmennya terhadap kemajuan perempuan Indonesia melalui program “Tangan-tangan Cantik Citra”yang kali ini mengapresiasi dan mendukung para perempuan yang berkarya di bidang kreatif. Pada program ini, Citra menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ) dan Semasa untuk membantu perkembangan usaha 135 UMKM berbasis ekonomi kreatif, dan memberikan Piala Citrapreneur kepada 20 UMKM Perempuan Terbaik.

Putri Paramita, Beauty & Wellbeing Marketing Lead Unilever Indonesia , mengatakan Citra senantiasa memberikan dukungan kepada sesama wanita untuk berkreasi dan berekspresi dengan membuat inovasi acara Citra Semasa Piknik. "Kami selalu memberikan wadah untuk berekspresi untuk memajukan kolaborasi, salah satu bentuk wujud dukungannya dengan Semasa dan Kemenparekraf untuk memberikan akses lebih banyak untuk bisa berkreasi,” kata Putri pada acara Citra Semasa Piknik di Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Putri mengatakan acara ini untuk mendukung perempuan Indonesia memajukan usahanya yang berkecimpung di dunia usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kegiatan ini membuka akses seluas-luasnya kepada para perempuan untuk bisa mewujudkan mimpinya membangun usaha sendiri dan berkontribusi bagi kemajuan perekonomian Indonesia.

Acara yang baru pertama kali digelar Citra ini juga sebagai komitmen dukungan Citra kepada perempuan Indonesia dengan meluncurkan kemasan edisi terbatas tiga varian lotion Citra berkolaborasi dengan tiga ilustrator muda wanita Indonesia. “Kesempatan ini juga kita meluncurkan kolaborasi dengan ilustrator perempuan, salah satunya Yossiow, ini kemasan limited edition, sangat terbatas, ini bentuk wujud komitmen kita membantu ekspos lebih banyak lagi perempuan Indonesia yang memiliki bakat yang tidak dibayangkan,” kata Putri.

Erwita Dianti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, mengatakan potensi dari UMKM perempuan di bidang kreatif masih sangat besar. Dengan segala keunikannya, perempuan terbukti mampu bekerja secara mandiri, sensitif terhadap pasar, berani berinovasi, dan luwes dalam hal beradaptasi ataupun membentuk network dengan berbagai pihak. "Hal ini jadi modal penting, dan kami percaya Piala Citrapreneur dapat menjadi katalisator untuk mempertajam kemampuan mereka sambil menginspirasi para pelaku UMKM perempuan lainnya,” ucap Erwita.

Sementara, Gunawan Lo, Co-Founder Semasa mengungkapkan jumlah tenant lokal milik perempuan yang berpartisipasi di kegiatan Semasa semakin meningkat dari tahun ke tahun. . "Kami mengapresiasi Citra yang memiliki semangat yang sama untuk berkontribusi memajukan UMKM perempuan melalui penghargaan Piala Citrapreneur yang hari ini hadir di Citra SEMASA Piknik 2024. Semoga kolaborasi ini terus terjalin dan membawa dampak positif bagi pertumbuhan UMKM perempuan," ujar Gunawan.

Citra menggandeng tiga ilustrator untuk menghiasi produk Citra body lotion edisi terbatas (limited edition). Ketiga ilustrator tersebut adalah Yessiow untuk varian Citra Bengkoang Natural Glow UV, Dinda Puspitasari pada varian Sakura Glow UV, dan Erin Dwia untuk varian Pearly Glow UV. Putri mengapresiasi karya para ilustrator ini yang bernilai seni.

Yessiow salah satu ilustrator pada kemasan edisi terbatas Citra Bengkoang, ingin memperlihatkan pesona kulit asli wanita Indonesia di gambarnya itu.“Aku mau meng-highlight kulit Indonesia yang sawo matang, karena aku dulu nggak percaya diri dengan warna kulit aku tapi seiring dengan aku ngerti self love dan nggak perlu malu dengan warna kulit apapun yang kita punya,” kata Yessiow.

Acara Semasa Citra Piknik akan menghadirkan puluhan tenan yang menampilkan produk UMKM mulai fashion, kerajinan tangan hingga kuliner, berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada 31 Mei-2 Juni 2024. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved