Automotive

Autopedia (ASLC) Genjot Ekspansi Gerai Mobkas Caroline

Jajaran direksi Autopida Sukses Lestari. (Tangkapan layar : M. Ubaidillah/SWA).

swa.co.id, Jakarta- PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) menargetkan jumlah gerai pajang (showroom) Caroline di tahun ini naik menjadi 18 unit dari 10 unit pada akhir 2023. Ekspansi ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis dan pendapatan perseroan.

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memproyeksikan industri mobil bekas (mobkas) masih akan terus tumbuh meskipun angka penjualan mobil baru sedang tertekan. Proyeksi tersebut didasarkan penyaluran pembiayaan otomotif yang terus tumbuh stabil di atas 10% meskipun angka penjualan kendaraan baru, khususnya kendaraan untuk penumpang, turun sejak akhir 2023 hingga awal tahun ini. “Melihat kondisi pasar yang masih prospektif, kami optimistis membuka cabang-cabang baru Caroline.id, perseroan akan mampu meraih pertumbuhan pendapatan dan laba double digit di tahun ini. Kinerja positif perseroan yang terus menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun semakin menguatkan optimisme ini,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra pada paparan publik di Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Selain pembukaan showroom, perseroan juga menargetkan pertumbuhan volume penjualan double digit untuk penjualan mobkas di platform lelang JBA dan Caroline.id pada tahun ini. Perseroan optimis, bisnis gadai yang baru dimulai pada semester kedua tahun 2023 dengan brand MotoGadai juga akan memberikan kontribusi yang terus meningkat terhadap pendapatan Perseroan, meski fokus utama MotoGadai dalam jangka pendek adalah pengembangan operasional.

Tahun lalu, ASLC mampu meraih pendapatan bersih Rp682,4 miliar, naik 42,2% dari tahun 2022 yang sebesar Rp479,9 miliar. Sementara laba bersih melonjak hingga lebih dari 700% dari Rp3,3 miliar menjadi Rp26,7 miliar di tahun 2023. Kinerja ASLC berlanjut pada kuartal pertama tahun ini membukukan pendapatan bersih sebesar Rp183,3 miliar, naik 37,4% dari kuartal yang sama tahun 2023. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved