Trends

Perlahan Tapi Pasti, AP 1 Memangkas Emisi Karbon

Ilustrasi foto : Istimewa

swa.co.id, Jakarta- PT Angkasa Pura I (AP1) menerapkan sejumlah langkah dan kebijakan untuk konservasi energi dan mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK). Upaya memangkas emisi GRK ini berdasarkan prinsip bandara udara yang ramah lingkungan atau eco-friendly airport. AP1 berhasil melakukan inventarisasi emisi GRK sebesar 151.119 ton CO2eq di 15 bandara yang dikelola perseroan. AP 1 berpartisipasi aktif mengurangi emisi GRK di sektor transportasi lantaran menurunkan emisi sebanyak 440.985 ton CO2eq (per kilogram karbon dioksida ekuivalen).

AP1 secara berkelanjutan juga melakukan inventarisasi GRK yang dihasilkan oleh bandara-bandara udara yang dikelola dengan menggunakan formulasi ACI’s Airport Carbon and Emissions Reporting Tool (ACERT). Metodologi ini digunakan untuk mendapatkan nilai emisi GRK dari aktivitas operasional bandara udara.

Langkah lainnya, AP 1 menjalankan sejumlah langkah seperti penghijauan di bandara, penggunaan infrastruktur hemat energi seperti lampu LED dan lampu sel surya, penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), penerapan konsep green building, mengoptimalkan Building Automatic System (BAS), serta penerapan ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan dan ISO 50001:2018 Sistem Manajemen Energi.

Langkah AP 1 mengayunkan program pemangkasan emisi karbon itu diganjar penghargaan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi – Gelar Gold Plus pada ajang Transparansi dan Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024.

Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi yang diberikan kepada perusahaan yang dianggap berkontribusi positif terhadap upaya pengelolaan dan penurunan emisi karbon secara berkelanjutan. “Penghargaan ini melengkapi capaian AP1 dalam penghargaan terkait lingkungan yang diraih sebelumnya, serta sekaligus menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus dapat menjalankan komitmen dalam memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian alam dan lingkungan,” tutur MMA Indah Preastuty, Direktur Utama AP 1 pada siaran pers, Sabtu (1/6/2024).

AP I mengoperasikan 17 bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, Bandara Sentani Jayapura, Bandara Hang Nadim Batam, dan Bandara Dhoho Kediri. Perusahaan pelat merah ini merupakan bagian dari Holding BUMN Aviasi Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved