Trends

Juara Liga 1, Kapitalisasi Pasar Sponsor Persib Capai Rp92,9 Triliun

Para pemain Persib merayakan gelar juara BRI Liga 1 musim 2023/2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura pada Jumat, 31 Mei 2024. (Foto : Persib).

swa.co.id, Jakarta- Kapitalisasi pasar (market cap) perusahaan yang menjadi sponsor klub Persib mencapai Rp92,9,9 triliun. Nilai ini bersumber dari kapitalisasi pasar perusahaan yang menaungi Indofood, Aladin, Panther Minuman Energi, dan Vidio. Kecuali Vidio, logo dan jenama dari ketiga merek itu tersemat di jersey Persib yang berlaga di kompetisi BRI Liga 1 pada musim 2023/2024.

PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), pengelola klub Persib, menjalin kemitraan bisnis dengan sejumlah perusahaan. Kemitraan ini menjadi sumber dana yang menyokong Persib untuk mengarungi kompetisi BRI Liga 1. Indofood adalah jenama korporat dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan Aladin dimiliki PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK). Per 31 Mei 2024, kapitalisasi pasar INDF senilai Rp51,59 triliun dan BANK Rp13,31 triliun.

Kemudian, kapitalisasi pasar PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), yang menaungi Vidio, mencapai Rp26 triliun. PT Kino Indonesia Tbk (KINO) turut menjadi sponsor Persib melalui Panther Minuman Energi. Market cap-nya Rp2 triliun per akhir Mei lalu. Saham dari empat perusahaan itu tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Beberapa sponsor memperoleh benefit untuk menempatkan logo dan nama brand di jersey Persib. Logo dan jenama Indofood dan Aladin ada di bagian dada jersey. Indofood sejak 2015 menjadi sponsor klub berjulukan Pangeran Biru ini. Lalu, Aladin pada 2022 memulai langkahnya sebagai sponsor untuk klub yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat ini.

Kopi ABC di jersey Persib pada bagian punggung. (Foto : Persib).

Merek lainnya, Intersport by Pria Punya Selera terpampang pada bagian bahu dan iDexpres (perusahaan layanan pengiriman) di bagian lengan jersey . Sedangkan, jenama Kopi ABC tertera pada bagian belakang jersey. Kopi ABC bermitra dengan Persib sejak 2012.

Selanjutnya, Panther Minuman Energi tertera di bagian depan kaos Persib. Logo merek dari minuman energi siap saji yang diproduksi oleh Kino itu tersemat pada kaos pemain Persib yang khusus digunakan pada sesi latihan. Pada bagian belakang jersey ini juga tertera nama dan logo Socios.com (platform fans engagement).

Alberto Rodriguez, bek Persib asal Spanyol, berlatih di Stadion Persib pada 3 Oktober 2023. Logo Panther Minuman Energi terpampang di jersey Persib khusus sesi latihan. (Foto : Persib).

Prestasi dan jumlah fans Persib Bandung memantik minat perusahaan untuk menjalin atau melanjutkan durasi kemitraan bisnis guna meningkatkan citra merek dan loyalitas konsumen, khususnya penggemar klub Persib. Antusiasme bobotoh (fans Persib) kepada klubnya ini tak perlu diragukan lagi. Mereka mengeluarkan isi dompetnya untuk membeli jersey dan merchandise Persib.

Hal ini terpantau di setiap laga yang dimainkan klub ini. Sebagai contoh, fans Persib membanjiri Persib Store di Bandung, menjelang pertandingan final leg kedua yang dimainkan di Stadion Gelora Bangkalan, Madura pada Jumat, 31 Mei 2024.

Persib Store. (Foto : Persib).

Adhi Pratama, Head of Communication PBB, mengapresiasi animo bobotoh yang mengunjungi Persib Store. Kala itu, sejumlah merchandise resmi dinyatakan habis karena laris manis dibeli bobotoh. Adhi menyampaikan pencapaian positif Persib pada musim ini berdampak positif untuk klub, komunitas sepakbola, dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lantaran roda perekonomian kian bergeliat. Ini adalah bukti nyata dari dukungan yang diberikan para bobotoh setia Persib.

Beckham Putra Nugraha mengenakan kaos latihan Persib. (Foto : Dok Persib).

Supriyadi, misalnya, berburu jersey di Persib Store pada Jumat itu. "Saya beli jersey, mudah-mudahan Persib menang. Jadi, bisa selebrasi di rumah menggunakan kaos tim kebanggan kita semua," kata Supriyadi yang dikutip dari situs Persib pada Minggu (2/6/2024). Bobotoh asal Cijerah ini membeli jersey di Persib Store karena punya kebanggaan tersendiri saat mengenakan klub favoritnya ini.

Dia menjadi bobotoh sejak Persib berlaga di era Perserikatan dan kerap mendukung secara langsung hingga ke Stadion Utama Gelora Bung Karno."Perasaan saya menjelang final sangat deg-degan. Dengan jersey ini, nanti saya bisa nobar pake jersey di sekitar rumah, diketuai pak RT dengan memasang proyektor," ungkapnya.

Perjuangan Supriyadi terbayar lunas. Sebab, Persib berhasil mengangkat trofi juara BRI Liga 1. Pangeran Biru mengangkat trofi juara pada musim 2023/2024 setelah menundukkan Madura United dengan agregat 6-1. Setelah menang 3-0 pada leg pertama, Persib menundukkan Madura United 3-1 pada pertandingan final leg kedua di Stadion Gelora Bangkalan, Madura pada Jumat lalu itu.

Lelang Jersey

Marc Klok, pemain dan kapten tim Persib, mencurahkan kegembiraanya menghantarkan Persib menjadi kampiun. Ia menuangkannya di media sosial dan awak media. Pemain berdarah Belanda itu menyebut gelar juara ini sebagai hal yang layak didapatkan Persib. "Ini tim yang sangat bagus. Untuk atmosfir, kualitas, sistem di luar lapangan, pelatih yang top juga staf yang baik. Ini kunci buat sukses. Kami juara musim ini, kita harus juara lagi," imbuh Klok seperti dilansir dari situs Persib

Mark Klok, kapten tim Persib. (Foto : Istimewa).

Seluruh pemain Persib yang termasuk dalam Class of Champion 2023/2024 akan mendonasikan jersey yang dipakainya pada pertandingan final BRI Liga 1 tersebut. Keputusan tersebut disampaikan oleh Klok. Nantinya, Match Worn Jersey Persib ini ditandatangani oleh para pemain Persib. Director of Commercial PBB, Sandy Tantra mengatakan, jersey Persib ini dilelang melalui aplikasi PersibApp dan hasil lelang akan didonasikan melalui lembaga atau badan amal kredibel.

Glenn T. Sugita, Direktur Utama PBB, menyampaikan salah satu faktor kunci keberhasilan Persib menjadi juara adalah dukungan bobotoh. Terima kasih juga, karena sekarang, bobotoh pun sudah semakin tertib dan positif dalam mendukung Persib," kata Glenn di sela-sela penyambutan pawai juara Persib di Gedung Sate, Bandung pada Sabtu (1/6/2024).

Penyambutan ini dihadiri perwakilan para mitra Persib. Mereka adalah Kopi ABC, Intersport by Pria Punya Selera, Indofood, Indomie, Panther, Aladin, Vidio, Socios, iDexpress, Adakami (pinjaman online), dan Royal Sports (pengelola rumah sakit & klinik kedokteran olahraga). Berdasarkan data Transfermarkt Indonesia per 2 Juni 2024, valuasi pasar Persib berkisar Rp88,82 miliar.

Klub yang dilatih Bojan Hodak ini berpotensi menambah para mitra bisnis untuk musim kompetisi 2024/2025. Prestasi Persib dan jumlah bobotoh yang membludak itu bakal memantik minat para calon mitra. Peluang menggiurkan ini terefleksikan dari jumlah fans Persib di media sosial. Jumlah followers akun Persib di Facebook sebanyak 9,8 juta, Instagram mencapai 7,5 juta, aplikasi X sebanyak 4,8 juta, TikTok 3,6 juta, dan YouTube sebanyak 1,9 juta subscribers.

Kas internal Persib bakal semakin gemuk apabila ada penambahan mitra bisnis. So far, dana yang diperoleh Persib senilai Rp5 miliar karena menjadi juara BRI Liga 1 musim ini. Persib juara, semoga para sponsornya bersuka cita. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved