CSR Corner

Chandra Asri (TPIA) Mengumpulkan Sampah 24 Kilogram di Kota Tua Jakarta

Aksi Asri Operasi Semut ke-5 oleh Chandra Asri. (Foto : Istimewa).

swa.co.id, Jakarta- PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) atau Chandra Asri Group menyelenggarakan Aksi Asri Operasi Semut, yakni kegiatan berbasis lingkungan yang berkelanjutan yang diinisiasi Kampanye Indonesia Asri. Giat Aksi Asri Operasi Semut ini dilaksanakan di Kota Tua Jakarta, pada hari Minggu kemarin. Relawan pada kegiatan ini mengumpulkan 24 kilogram sampah. Rinciannya, terdiri dari sampak organik sebanyak 4 kilogram, sampah plastik 12,5 kilogram, kertas 3,5 kilogram , dan sampah lainnya 4 kilogram. Sampah yang terkumpul diserahkan ke fasilitas pengelola sampah yang dikelola oleh Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua.

Aksi Asri Operasi Semut Vol.5 diikuti oleh 33 relawan yang terdiri dari masyarakat umum dan karyawan Chandra Asri Group. Relawan yang dikenal dengan sapaan Warga Asri bergotong-royong di area Kota Tua untuk mengumpulkan sampah sekaligus memberikan edukasi mengenai kategorisasi sampah.

Chrysanthi Tarigan, Head of Corporate Communications, Chandra Asri Group,menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme para relawan. Chrysanthi, dalam keterangan tertulisnya ini, menyampaikan perseroan mengapresiasi semangat dan kepedulian para Warga Asri dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. "Kegiatan ini bukan hanya tentang membersihkan sampah, tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilah sampah sebagai langkah awal dalam pengelolaan sampah, demi mewujudkan Indonesia Asri," ucap Chrysanthi pada Senin (3/6/2024).

Aksi Asri Operasi Semut diharapkan mampu membantu masyarakat membangun kebiasaan baru dalam pengelolaan sampah, dimulai dari langkah sederhana seperti memilah sampah sesuai jenisnya sebelum dibuang. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dampak positif pemilahan sampah, seperti sampah plastik yang dapat dimanfaatkan lebih lanjut bila terpilah dengan baik. "Dengan memilah sampah, kita dapat mendukung ekonomi sirkular dengan menjaga nilai dan kualitas sampah, terutama sampah plastik. Dengan memilah sampah. Kita dapat dapat mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan," tambah Chrysanthi.

Sebelumnya, Chandra Asri Group telah sukses menyelenggarakan empat kali Aksi Asri Operasi Semut di Car Free Day (CFD) Jakarta dan Jakarta Marathon 2023. Perseroan dan relawan pada kegiatan ini berhasil mengumpulkan lebih dari 2.000 kilogram sampah dan menangkalnya masuk ke lingkungan masyarakat. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved