Strategy

Pertamina Shipping Mengepakkan Sayap Bisnis di Afrika, Mengamankan Kontrak US$9,3 Juta

Kapal Transko Yudhistira (dok PIS)

swa.co.id, Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) merambah ke pasar baru lantaran melakukan vessel trading di kawasan Afrika dan menambah dua rute pelayaran baru berskala internasional. PIS, melalui PIS Middle East, memperoleh kontrak kerja sama mengangkut bahan bakar minyak di wilayah Afrika Barat untuk kapal Transko Yudhistira. Kantor cabang PIS di Timur Tengah ini menambah dua rute baru internasional di Mauritius dan Togo.

Sekretaris Perusahaan PIS, Muh. Aryomekka Firdaus, menjelaskan langkah perseroan ini merupakan bagian dari strategi penetrasi pasar baru yang sejalan dengan peningkatan permintaan kapal untuk distribusi produk bahan bakar minyak di kawasan Timur Tengah. PIS Middle East merupakan bagian dari PIS Asia Pacific, anak usaha PIS yang berkantor di Dubai, Uni Emirat Arab, untuk menggarap kawasan Timur Tengah, Eropa, dan Afrika.

Dia menjelaskan peluang bisnis ini bermula dari beroperasinya kilang Dangote berkapasitas 650 ribu barel per hari di Nigeria pada Desember 2023. "Lalu, PIS Middle East mencoba menangkap peluang tersebut dan berhasil mengantongi kesepakatan bisnis dengan masa kontrak selama 2 tahun senilai US$9,3 juta untuk kapal Transko Yudhistira. Setelah semua persiapan dilakukan, kapal Transko Yudhistira berangkat dari Tanjung Priok pada 11 Februari 2024. Kemudian melakukan bunkering serta persiapan lain di Port of Louis, Mauritius, hingga awal Maret 2024, dan berhasil di-delivery kepada penyewa di akhir Maret,” ujarnya pada Selasa (4/6/2024).

Kapal Transko Yudhistira merupakan kapal tanker minyak dengan kapasitas sekitar 8309 meter kubik atau setara dengan 52.262 barel. Transko Yudhistira telah teruji lolos SIRE (Ship Inspection Report Programme), yakni sertifikasi bertaraf internasional yang dikeluarkan oleh Oil Company Industry Marine Forum (OCIMF). Sertifikasi ini memudahkan kapal ini melayani rute-rute internasional. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved