Technology

Gunakan AI dan AR, Traffic Situs Wardah Naik 134,41%

Tampilan fitur Virtual Try On di situs Wardah. (dok Wardah)

swa.co.id, Jakarta - Implementasi kecerdasan artifisial (AI) di industri kecantikan global, menurut laporan dari InsightAce Analytics, ditaksir senilai US$13,34 miliar pada 2030. Laju pertumbuhan tahunan sebesar 19,7% dari 2021 ke 2030. Pelaku industri kecantikan di Indonesia mulai melirik AI untuk mengintegrasikan layanan berbasis teknologi AI dan AR (augmented reality) di website. Salah satunya adalah Wardah yang menggandeng Perfect Corp sejak pandemi Covid-19 untuk mengembangkan AI dan AR.

Wardah berupaya meningkatkan pengalaman belanja daring dari para konsumennya untuk mengakselerasi pertumbuhan sekaligus memenuhi keinginan konsumen pada masa pandemi Covid-19. Kala pandemi itu, pembatasan aktivitas sosial dan penerapan protokol kesehatan membuat konsumen tak lagi leluasa berkunjung dan berbelanja di toko, sehingga ingin dapat mengeksplorasi produk secara daring.

Wardah menerapkan fitur Virtual Try-On, yang menjadi solusi percobaan produk makeup secara virtual bagi konsumen di situs resmi Wardah. Fitur yang mengintegrasikan teknologi AI dan AR ini langsung mendapat sambutan meriah dari konsumen yang sangat tertarik dan terhibur saat mencoba produk makeup secara virtual. Wardah mencatat telah berlangsung lebih dari 250 ribu sesi virtual try-on hingga saat ini dan terjadi peningkatan lalu lintas situs sebesar 134,41% dibandingkan tahun sebelumnya.

Respons tersebut memicu Wardah menambah fitur Foundation Shade Finder yang membantu konsumen menemukan warna produk foundation yang sesuai dengan warna kulit mereka. Sejak mengimplementasikan fitur Virtual Try-On dan Foundation Shade Finder, engagement rate di situs Wardah mengalami peningkatan sebesar 28% dibandingkan sebelum implementasi kedua fitur tersebut. “Wardah selalu berupaya untuk memberi pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para konsumennya. Dengan kemitraan tersebut, kami telah berhasil menghadirkan teknologi dan pengalaman yang canggih langsung kepada konsumen kami,” ujar Tessi Fathia, Senior Head of Digital Transformation Wardah dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Walau pandemi telah usai, Wardah terus mengimplementasikan inovasi teknologi untuk meningkatkan pengalaman konsumen berbelanja daring dan memangkas biaya pembuatan sampel produk serta membuat bisnis Wardah semakin ramah lingkungan. “Mengimplementasikan Virtual Try-On dan Foundation Shade Finder dari Perfect Corp telah membantu meningkatkan citra Wardah di kalangan konsumen menjadi lebih modern,” kata Ariska Tri Devi, Digital Ecosystem Officer Wardah.

Brand Wardah telah hadir di Indonesia selama hampir 30 tahun dengan beragam produk kecantikan, mulai dari produk skincare, makeup, sampai ke produk perawatan pribadi, dengan jumlah total SKU lebih dari 300. Wardah menerapkan pendekatan yang unik dan inovatif kepada konsumen, terutama perempuan Indonesia. Ini menjadikan Wardah sebagai salah satu pemimpin pasar di industri kecantikan Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved