Trends

Praktik ESG di ABM Group Diganjar Penghargaan Berskala Nasional dan Global

Tim ABM Group saat inagurasi Stevie Award 2024. (Foto: Dok/ABM).

swa.co.id, Jakarta- PT ABM Investama Tbk (ABMM) atau ABM Group berkomitmen menggulirkan berbagai program berbasis Environmental, Social, dan Governance (ESG). Achmad Ananda Djajanegara, Direktur Utama ABM Investama, mengatakan keberlanjutan bisnis ABM Group didasari pada pertumbuhan ekonomi, menjaga kelestarian lingkungan hidup, dan senantiasa berkontribusi kepada masyarakat.

Achmad menyampaikan improvement business yang diterapkan oleh ABM Group bertujuan untuk meningkatkan kinerja grup dan kualitas produk. “Melalui penghargaan ini, kami merasa terhormat karena dipercaya telah berhasil dalam mengembangkan bisnis dan karyawan kami secara unggul dan berkompeten,” kata Achmad pada siaran pers yang dikutip pada Kamis (6/6/2024).

Haris Mustarto, Direktur ABM Investama, menyebutkan prinsip keberlanjutan di ABM Group merupakan bagian dari operasional bisnis. Perseroan memperluas portofolio di sektor energi dan mengoptimalkan pengetahuan serta pengalamannya di ESG.

Komitmen ABM Group dalam mengedepankan ESG ini diapresiasi berbagai pihak lantaran memboyong tiga penghargaan di ajang nasional dan internasional. Penghargaan yang diboyong ABM Group terbagi menjadi tiga kategori. Pertama, ABM Group masuk ke nominasi bergengsi Stevie Award yang merupakan penghargaan bisnis tertinggi di dunia.

ABM Investama dan anak usahanya, yakni PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dan PT Cipta Kridatama (CK) menyabet penghargaan dalam kategori Technology & Improvement Business. Penghargaan internasional ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus mengukur kinerja perusahaan global.

Kedua, ABM Group mendapat predikat Gold Plus untuk kategori Pengurangan Emisi Award. Kegiatan ini menggunakan penilaian yang mengacu Laporan Berkelanjutan atau Sustainability Reporting (SR) dan ABM Group telah berpartisipasi tiga kali berturut-turut. Ketiga, ABM Group dianugerahi penrghargaan tertinggi Sapphire untuk kategori Governance Award. Penghargaan ini diraih ABM Group lantaran berhasil mengimplementasikan tata kelola governance di ranah bisnisnya.

Sebagai contoh, ABM Group terus menerapkan tata kelola yang baik dan manajemen risiko, berkomitmen untuk transparansi, integritas dan anti-korupsi. Berkat upayanya dalam mendisiplinkan perusahaan, ABM Group meraih predikat leadership AAA (triple A) pada ESG Disclosure Transparency Award 2023. Predikat tersebut disabet ABM Group lantaran perusahaan konsisten mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) yang terangkum pada Laporan Keberlanjutan. Harga saham ABMM sejak awal tahun ini hingga Rabu pekan ini naik sebesar 3,73%, menjadi Rp3.610. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved