Trends

Australia dan Indonesia Memperkuat Relasi Ekonomi, Kuliner, dan Budaya

Foto : Dok Kedubes Australia.

swa.co.id, Jakarta- Invest and Trade Western Australia pada “Western Australia Week 2024 menyuguhkan keragaman budaya, keunggulan pendidikan, dan aneka kuliner dari Australia Barat yang digelar di Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur.

Bryce Green, Komisaris Investasi dan Perdagangan Australia Barat di Kawasan ASEAN, menekankan pentingnya inisiatif ini: “Investasi dan Perdagangan Western Australia berdedikasi untuk mempromosikan kemampuan Australia Barat dalam bidang pendidikan, industri kreatif, dan industri primer,” ujar Green pada pernyataan tertulis yang dikutip Rabu (6/6/2024).

WA Week 2024 menawarkan platform untuk memperkuat ikatan budaya dan ekonomi Australia dan Indonesia.” Melalui acara-acara ini, kami bertujuan untuk menunjukkan kualitas dan keragaman yang ditawarkan Australia Barat, membina kemitraan yang langgeng dan pertumbuhan bersama,” ujarnya.

Kegiatan tersebut antara lain Lambtastic Battle pada 6 Juni 2024 di Surabaya, resepsi jejaring (networking) dan pemutaran film WA Blueback, serta WA Education Open Day. Setiap kegiatan mempromosikan kemampuan dan peluang unik di Australia Barat. Bagian Investasi dan Perdagangan Australia Barat, Pemerintah Provinsi Australia Barat menyebutkan Workshop dan Open Day Agen Edukasi WA dilaksanakan di Jakarta pada 3 Juni dan Surabaya pada 5 Juni. Acara ini mempertemukan pelajar, orang tua, dan agen pendidikan Indonesia dengan perwakilan dari 12 lembaga pendidikan dan pelatihan terkemuka di Australia Barat. Inisiatif ini bertujuan untuk menunjukkan keunggulan akademis dan beragam peluang yang tersedia bagi pelajar Indonesia di Australia Barat.

Sementara itu WA Week 2024, juga akan menampilkan pemutaran film ramah keluarga berjudul Blueback, yang menampilkan keindahan alam dan budaya Australia Barat. Para peserta berkesempatan untuk berinteraksi dengan Rick Rifici, sinematografer bawah air untuk Blueback, yang berbagi wawasan tentang pembuatan film tersebut. WA Week 2024 bertepatan dengan Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) di tahun yang menandai 75 tahun hubungan diplomatik Australia dan Indonesia. Penyelarasan ini menggarisbawahi komitmen terhadap pertukaran dan kolaborasi budaya, membina hubungan yang lebih dalam melalui pengalaman sinematik bersama dan dialog kreatif.

Kemudian, para pecinta kuliner di Jakarta dan Surabaya dapat menantikan Lambtastic Battle, sebuah kompetisi memasak yang menyoroti keserbagunaan daging domba Australia Barat. Acara ini berlangsung di Jakarta pada 29 Mei dan di Surabaya pada 6 Juni. Koki dari berbagai hotel dan sekolah kuliner akan bersaing untuk menciptakan hidangan inovatif menggunakan daging domba premium Australia Barat. juri, termasuk chef ternama Vindex Tengker dan Gilles Marx, akan menilai kreasi berdasarkan rasa, penyajian, dan teknik kuliner.

Australia Barat merayakan Hari WA pada hari Senin pertama di Juni. Namun, WA Week tahun ini bertepatan dengan Festival Sinema Australia Indonesia, acara yang diadakan selama sebulan oleh Kedutaan Besar Australia. Dengan menyelaraskan dengan festival yang lebih luas ini, WA Week 2024 bertujuan untuk meningkatkan jangkauan dan dampaknya, menampilkan hal-hal terbaik dari Australia Barat kepada khalayak yang lebih luas.

Pekan Australia Barat ini memperkuat kemitraan budaya dan ekonomi yang langgeng serta nilai-nilai bersama antara Australia Barat dan Indonesia. Dengan menampilkan budaya, pendidikan, dan masakan terbaik Australia Barat, WA Week 2024 bertujuan untuk menciptakan hubungan dan peluang kolaborasi. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved