Trends

Ini Produk UMKM yang Laris Manis Dibeli Konsumen di Jawa Timur

Tokopedia berjumpa dengan pelaku UMKM di Kota Malang Tanduria. (Foto :M.Ubaidillah/SWA)

swa.co.id, Malang - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada 2022 berkontribusi sebesar 58,36% terhadap Produk Domestik Regional (PDRB) provinsi ini. Di samping itu, pertumbuhan ekonomi Kota Malang pada 2023 tercatat sebesar 6,07% sehinga menjadi salah satu wilayah yang pertumbuhan perekonomiannya tertinggi di Jatim.

UMKM di Jatim cukup beragam jika menelisik data dari Tokopedia dan ShopTokopedia. Data internal Tokopedia menunjukkan di Jawa Timur, kulot anak, cardigan muslim dan celana tidur adalah beberapa produk terlaris untuk kategori fashion di platform Tokopedia dan ShopTokopedia.

Obat mual dan pencernaan, minyak, dan gula menjadi yang paling laris di kategori groceries. Sedangkan mainan diecast kapal, buku tanaman dan buku misteri, beberapa produk terlaris untuk kategori olahraga dan hobi. “Selain itu, beberapa produk di Jawa Timur seperti baju tidur mengalami rata-rata kenaikan jumlah transaksi 3 kali lipat, hijab instan naik 2,5 kali lipat, serta makanan ringan dan keripik naik lebih dari 2 kali lipat di ShopTokopedia selama kuartal pertama tahun ini apabila dibandingkan kuartal I tahun 2023,” ucap Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, di Malang, Jawa Timur, Rabu (5/6/2024).

Sedangkan, produk terlaris di Malang diantaranya rok plisket, ikat pinggang, dan jam tangan menjadi beberapa produk terlaris kategori fashion di Tokopedia. Sedangkan minyak goreng, gula pasir, dan kopi sachet adalah beberapa yang paling laris di kategori groceries di Tokopedia.

Lain hal nya kategori rumah tangga, produk yang diminati konsumen adalah bantal kasur, pompa galon elektrik, dan keranjang sampah jadi beberapa produk terlaris di Tokopedia. “Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur, Fashion, Groceries, Olahraga dan Hobi, menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia,” jelas Rizky. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved