CSR Corner

Program Berkelanjutan Grup Astra, Auto2000 Menambah Kampung Berseri di Depok

Foto : Auto 2000.

swa.co.id, Depok- Auto2000 meresmikan Kampung Berseri Astra (KBA) di Kampung Setaman, Kota Depok, Jawa Barat pada Rabu (29/5/2024). Pembangunan KBA di Depok ini merupakan yang kedua setelah KBA Binaan Auto2000 Cengkareng Timur yang diresmikan pada 2017 lalu. Langkah ini menyokong program keberlanjutan Grup Astra.

Zuriaty, Human Capital & General Services Division Head Auto2000, menyampaikan Bersama KBA Binaan Auto2000 di Kampung Setaman Depok merupakan upaya Auto2000 ingin selalu dapat hadir di tengah-tengah masyarakat sekitar perusahaan. "Kami memberikan program-program pemberdayaan yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui empat pilar yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan UMKM untuk mendorong kemapanan finansial,” jelas Zuriaty pada pernyataan tertulis di Depok, Jawa Barat, Jumat (7/6/2024).

Kampung Berseri (Bersih, Sehat, Cerdas, Produktif) Astra merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Group Astra dengan fokus pada pengembangan kampung atau daerah terpadu yang mangusung 4 pilar program CSR Astra, yaitu Pilar Pendidikan, Pilar Lingkungan, Pilar Pengembangan Ekonomi Masyarakat (UMKM), dan Pilar Kesehatan.

Selain itu, Program KBA bertujuan untuk turut serta membantu pemerintah dalam memenuhi program SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB). Guna mencapai tujuan Astra 2030 Sustainability Aspiration melalui program ini, Auto2000 turut serta berkontribusi bagi kemajuan lingkungan sekitar perusahaan yang sejalan dengan Catur Dharma Astra yaitu menjadi aset yang bermanfaat bagi Indonesia.

Target pengembangan dalam pilar kesehatan adalah Kesehatan Ibu dan Anak dengan melakukan pembinaan dan pemberdayaan posyandu yang ada. Pemberdayaan yang dimaksud berupa pemberian alat kesehatan dan pendukung posyandu, pelatihan dan pendampingan kepada kader posyandu, dan pemberian makanan tambahan bagi anak balita.

Langkah yang dilakukan berupa pemberian alat pendukung belajar & mengajar, pelatihan, serta pengembangan dan pendampingan guru. Auto2000 berusaha mengambil peran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar.

Sebelumnya Auto2000 juga berhasil mendapatkan Penghargaan Adhiwiyata Tingkat Provinsi DKI Jakarta yang diberikan oleh Gubernur Anies Baswedan, kepada Sekolah Dasar yang menjadi binaan Auto2000 yaitu SDN 21 Cengkareng Timur.

Adapun program PAUD, hasil yang dicapai berupa peningkatan kapasitas tenaga pendidik serta fasilitas pendukung pendidikan sehingga anak–anak mendapatkan pendidikan yang lebih baik di tengah lingkungan sekolah yang baik.

Auto2000 juga mengintervensi problematika udara dengan program “Zona Oksigen”. Melalui program ini, setiap gang di Kampung Setaman dibuat gondola dengan tanaman markisa. Auto2000 juga ikut serta dalam mengembangkan program pemerintah berupa Program Kampung Iklim (Proklim) dengan program-program penghijauan, pembuatan biopori, komposting, dan lain sebagainya.

Pengembangan pilar UMKM berupa pendampingan dan pelatihan kepada warga sekitar untuk membuka usaha. Pelatihan yang diberikan tidak hanya bagaimana membuat produknya, tetapi sampai dengan cara pembukuan, promosi, dan kegiatan penunjang lain untuk meningkatkan penjualan.

Pengembangan pilar UMKM menghasilkan beberapa pengusaha baru di area tersebut sehingga dapat memberdayakan serta meningkatkan kualitas masyarakat sekitar. Khusus di KBA Setaman Depok, bisnis yang dikembangkan adalah memanfaatkan buah markisa dari Zona Oksigen menjadi program generate income dengan membuat sirup dari buah markisa yang dipanen, produksi bawang goreng, dan pengolahan kain majun menjadi produk dengan tambahan nilai baru.

Selain itu Auto2000 juga mengintervensi rintisan Bank Sampah sebagai usaha yang berdampak pada pengelolaan lingkungan bersih juga sekaligus generate income bagi warga yang menjadi nasabah bank sampah. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved