Strategy

Kibarkan Ekspansi Bisnis, Cinema XXI (CNMA) Membuka Bioskop di Bali

CNMA membuka bioskop baru di Pulau Dewata Bali. (dok CNMA)

SWA.co.id, Denpasar - PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA) atau Cinema XXI kian ekspansif lantaran membuka bioskop baru di Icon Bali Mall di Denpasar, Bali. Ini menjadi bioskop ketujuh di Pulau Bali dan yang pertama kali menghadirkan teknologi IMAX with Laser di Bali. Penambahan bioskop ini sejalan dengan strategi perseroan yang terus ekspansi bisnis guna mencapai target penambahan sekitar 100 layar baru pada tahun ini. Rencananya, layar bioskop ini tersedia di berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Direktur Cinema XXI, Dody Suhartono, menjabarkan pembukaan bioskop Cinema XXI di Icon Bali Mall itu memperkuat ekspansi bisnis perseroan. Dody, pada keterangan tertulisnya ini, menyebutkan Icon Bali XXI, merupakan bioskop pertama di Bali yang dilengkapi dengan teknologi IMAX with Laser untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap pengalaman menonton premium bagi masyarakat. "Berada di area dengan kunjungan wisatawan yang masif, bioskop Icon Bali XXI diproyeksikan menjadi ikon destinasi hiburan terbaru dengan konsep kekinian untuk meningkatkan perputaran ekonomi sekaligus tujuan wisata di Bali,” kata Dody di Denpasar, Bali seperti dikutip pada Sabtu (8/6/2024).

Icon Bali XXI memiliki 2 studio deluxe dengan kapasitas masing-masing 144 kursi, 1 Studio Premiere dengan kapasitas 40 kursi, dan 1 Studio IMAX dengan kapasitas 264 kursi. Icon Bali XXI juga dilengkapi dengan XXI Café dan The Premiere Café yang menyediakan berbagai pilihan menu makanan dan minuman berkualitas untuk semakin melengkapi pengalaman menonton.

Hingga 7 Juni 2024, Cinema XXI bersama IMAX Corporation telah menghadirkan 17 lokasi IMAX di Indonesia. Selain Icon Bali XXI, perseroan memiliki bioskop IMAX with Laser di Gandaria City XXI, Kelapa Gading XXI, Margo City XXI, The Park Semarang XXI, Summarecon Mall Bandung XXI, Bintaro Xchange 2 XXI, AEON Mall Deltamas XXI, Alam Sutera XXI, dan Living World Kota Wisata XXI.

Kemudian IMAX tersedia di Summarecon Mall Serpong XXI, The Breeze XXI, Summarecon Mall Bekasi XXI, Pakuwon Mall XXI, Tunjungan 5 XXI, Delipark XXI, dan AEON Mall Sentul City XXI. Per 21 Mei 2024, Cinema XXI telah menghadirkan 1.312 layar di 248 lokasi bioskop yang tersebar di seluruh Indonesia.

CNMA melangsungkan IPO di Bursa Efek Indonesia pada 2 Agustus 2023.

Kinerja Finansial

CNMA pada kuartal pertama tahun ini membukukan pendapatan senilai Rp1,3 triliun, atau meningkat 47,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalusebesar Rp883,3 miliar (year on year/yoy). Peningkatan pendapatan tersebut menghasilkan peningkatan EBITDA sebesar 107,2% atau senilai Rp382,5 miliar dan laba bersih senilai Rp154,0 miliar atau meningkat 701,7% dari periode yang sama pada 2023.

Suryo Suherman, Direktur Utama Cinema XXI, mengatakan pencapaian ini merupakan sinergi dari strategi Perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan dukungan konten film yang membantu menarik penonton datang ke bioskop. Pemilihan lokasi bioskop yang tepat dalam ekspansi usaha juga menjadi salah satu kunci peningkatan penjualan. Perseroan berinovasi di sektor makanan dan minuman.

Jumlah penonton yang menonton di bioskop Cinema XXI naik menjadi 21,1 juta dari 13,5 juta di periode tersebut. Kenaikan penjualan tiket ini mendorong pendapatan tiket naik menjadi Rp825,8 miliar, melambung sebesar 55,73% dari Rp530,3 miliar . “Pendapatan dari penjualan tiket bioskop masih menjadi kontributor paling besar, yakni mencapai 63,4% terhadap total pendapatan, diikuti oleh pendapatan dari lini bisnis makanan dan minuman yang berkontribusi sebesar 33%.” kata Suryo menjabarkan kontribusi penjualan tiket terhadap omset Cinema XXI di Januari-Maret tahun ini.

Sebelumnya, Dody Suhartono menyebutkan peningkatan jumlah penonton turut mendorong pertumbuhan pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman, yang mengalami peningkatan sebesar 38,3%, menjadi Rp429,7 miliar dari Rp310,7 miliar. “Ke depannya, perusahaan akan terus melahirkan inovasi produk makanan dan minuman berkualitas tinggi untuk semakin melengkapi kenyamanan menikmati film di bioskop Cinema XXI,” tambah Dody.

Ilustrasi foto : Cinema XXI.

Sebagai kelompok bioskop terbesar di Indonesia yang memiliki pengalaman lebih dari 35 tahun di industri pertunjukan film, Cinema XXI akan terus berupaya menjaga momentum pertumbuhan positif. CNMA akan terus memperluas pelayanannya melalui pembukaan bioskop baru termasuk penambahan layar dan terus melakukan peningkatan kualitas sinematik serta inovasi produk makanan dan minuman.

Perseroan menetapkan membagikan dividen sebesar Rp666,76 miliar atau sebesar Rp8 per saham. Nilai dividen tersebut setara dengan 97% dari laba bersih CNMA pada 2023 yang senilai Rp687,8 miliar. Aksi korporasi ini diputuskan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2023 di Jakarta pada Selasa, 2 April 2024.

Pembagian dividen ini merupakan bagian dari komitmen perseroan kepada para pemegang saham setelah perseroan sukses melaksanakan Initial Public Offering (IPO) di tahun 2023. Kinerja finansial sepanjang tahun lalu itu menunjukkan kemampuan CNMA mengoptimalkan potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk memperkuat fundamental dan menjaga keberlanjutan bisnis Cinema XXI dalam jangka panjang

Cinema XXI pada IPO itu memperoleh dana sebesar Rp2,25 triliun dengan hasil bersih sebesar Rp2,17 triliun setelah dikurangi biaya penawaran umum. Hingga akhir Desember 2023, Cinema XXI telah merealisasikan penggunaan dana hasil IPO sebesar Rp1,13 triliun. Dengan demikian, Cinema XXI masih mengantongi sisa dana hasil IPO sebesar Rp1,05 triliun.

Perseroan pada IPO tahun lalu itu menyampaikan sekitar 65% dari dana hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan untuk pendanaan belanja modal pengembangan jejaring bioskop Cinema XXI di Indonesia. Cinema XXI berencana untuk menambah jumlah layar sekitar 10% per tahun hingga lima tahun ke depan yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh Indonesia.

Kemudian, sekitar 15% dana bersih yang diperoleh dari IPO akan digunakan untuk modal kerja, termasuk pembelian barang dan jasa dalam rangka mendukung kegiatan usaha Cinema XXI. Sisanya, sekitar 20% akan digunakan untuk pembayaran lebih awal sebagian pokok utang bank Cinema XXI.

Berdasarkan survei oleh Euromonitor International di awal tahun lalu, Cinema XXI menjadi operator jaringan bioskop terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan gross box office, jumlah penonton, dan jumlah layar. Harga saham CNMA pada perdangan Jumat ini ditutup pada Rp208 atau turun 0,95% dari perdagangan sebelumnya.

Gulirkan Prinsip Berkelanjutan

Manajemen CNMA berkomitmen untuk berkontribusi terhadap prinsip keberlanjutan melalui beberapa inisiatif yang berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat. Implementasi program keberlanjutan ini dilakukan secara bertahap oleh perusahaan sebagai langkah untuk mendorong transisi energi.

Ricky Samsoedin, Plt. Head of Cinema Operations Cinema XXI, mengatakan kegiatan bisnis dan operasional Cinema XXI senantiasa menerapkan prinsip keberlanjutan. CNMA sejak November 2023 melakukan program pengumpulan minyak jelantah melalui kerja sama dengan TUKR, perusahaan Indonesia yang mengoperasikan pengumpulan UCO (used cooking oil/minyak jelantah).

Limbah minyak jelantah dari proses produksi dan bisnis Cinema XXI, oleh TUKR dikumpulkan sebagai pasokan bahan baku produksi biofuel yang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan fossil fuel. Secara bertahap, ke depannya, seluruh lokasi Cinema XXI akan berpartisipasi untuk pengumpulan minyak jelantah.

Langkah ini, selaras dengan komitmen perusahaan dalam menjaga kualitas produk makanan dan minuman yang disajikan kepada konsumen. Seperti penggunaan minyak goreng, CNMA menjaga agar warna minyak gorengnya tidak gelap atau keruh. Di sisi lain, perseroan menjaga agar minyak jelantah ini tetap dapat dimanfaatkan dan tidak mencemari lingkungan

Kemudian, Cinema XXI selalu menggunakan menggunakan kemasan yang aman dan ramah lingkungan untuk rangkaian produk makanan dan minuman mulai menggunakan bahan-bahan biodegradable yang mudah terurai di alam dan dapat di daur ulang. Selain itu, Cinema XXI juga memperhatikan penggunaan bahan baku yang berkualitas tinggi dan baik untuk kesehatan, seperti menggunakan biji jagung Non-Genetically Modified Organism (Non-GMO), gula kelapa organik, dan trans-fat-free oil untuk produk popcorn.

Head of Brand & Partnership TUKR, Adhi Putra Tawakal, mengatakan kolaborasi dengan Cinema XXI dalam inisiatif pengolahan minyak jelantah ini bertujuan memberikan dampak positif untuk lingkungan dan masyarakat. “Kami bersyukur dapat menjadi bagian dari inisiatif keberlanjutan yang dilakukan Cinema XXI, dan harapannya akan makin banyak perusahaan maupun individu yang memiliki motivasi dan gerakan yang sama untuk mendorong Indonesia bahkan dunia menjadi lebih baik dan sehat,” kata Adhi di Jakarta pada Rabu, (5/6/2024).

Berdasarkan laporan TUKR pada November 2023 hingga 31 Maret 2024, sebanyak 209 lokasi bioskop Cinema XXI telah berpartisipasi dalam program pengumpulan minyak jelantah, dengan total yang berhasil diolah mencapai 52.766 kg. Dengan demikian, Cinema XXI telah berkontribusi mencegah sekitar 175.027 kg emisi karbon, menjaga kemurnian hingga 52.766 juta liter air, dan melindungi kesehatan lebih dari 52.766 anggota masyarakat.

Komitmen keberlanjutan Cinema XXI sejalan dengan misi TUKR dalam memanfaatkan minyak jelantah menjadi sumber daya energi yang lebih ramah lingkungan. Hal ini juga didukung dengan sertifikasi dari International Sustainability & Carbon Certification (ISCC) yang dimiliki oleh TUKR yang menjadi garansi bahwa limbah minyak jelantah dari Cinema XXI telah memenuhi persyaratan standar keberlanjutan tinggi yang ditetapkan oleh Uni Eropa. "Sertifikasi ini juga membuka akses ke pasar biodiesel Eropa sehingga minyak jelantah dari Cinema XXI mempunyai keunggulan kompetitif, serta memiliki peluang baru untuk diolah menjadi bahan bakar berkelanjutan,” kata Adhi.

Sustainability Analyst dan Dosen Program Studi Teknik Lingkungan di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Aulia Qisthi, mengapreasi langkah yang dilakukan oleh Cinema XXI dalam menjalankan inisiatif program keberlanjutan untuk lingkungan hidup. “Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk ambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan, dan itu bisa dimulai dari hal-hal sederhana di sekitar kita,” katanya.

Ia menambahkan pentingnya melibatkan semua pihak, termasuk pemerintah, perusahaan, dan masyarakat umum, dalam mendukung dan mengadopsi inisiatif keberlanjutan untuk kebaikan kita bersama dan masa depan generasi selanjutnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved