Business Research

IPSOS Menjabarkan Fitur Live Streaming di Shopee Difavoritkan UMKM dan Jenama Lokal

IPSOS Menjabarkan Fitur Live Streaming di Shopee Difavoritkan UMKM dan Jenama Lokal
Ilustrasi Belanja Online. (Foto: Istimewa)

swa.co.id, Jakarta- Hingga pertengahan tahun 2024, belanja melalui live streaming masih tetap menarik dan semakin diminati oleh masyarakat. Ketersediaannya untuk menjangkau berbagai konsumen telah membuat platform e-commerce utama di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada, bersaing keras untuk memperkenalkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen. Ini terutama bermanfaat dalam menciptakan dampak positif dan keuntungan berkelanjutan untuk mendorong laju bisnis brand lokal dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Survei IPSOS bertajukTren Live Streaming E-commerce bagi Penjual, menyebutkan Shopee Live masih menjadi pilihan utama terhadap brand lokal dan UMKM dalam hal fitur live streaming di 2023. Sejumlah indikator menunjukkan dominasi Shopee Live, seperti kepopulerannya dalam ingatan (top of mind - TOM), penggunaan paling sering (brand used most often - BUMO), dan pangsa pasar (market share). Skor Shopee Live melampaui pesaingnya, seperti TikTok Live.

Andi Sukma, Eksekutif Direktur IPSOS Indonesia, mengatakan keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan interaktif yang unggul menjadikannya pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM. Selain itu, aspek-aspek yang dicari oleh penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e-commerce mencakup pelayanan yang memuaskan bagi penjual dan pembeli serta kemampuan untuk meningkatkan omset.

Survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan. Survei ini melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel,

Berdasarkan survei tersebut, Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai para brand lokal dan UMKM pada tahun tersebut. Adapun indikatornya, antara lain mencakup Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM pada aspek TOM dengan persentase 77%, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live (19%).

Sedangkan indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM di aspek BUMO, Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72% atau lebih tinggi dibandingkan dengan pesaing terdekatnya TikTok Live (26%)

Selanjutnya dalam market share, Shopee Live (82%) juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live sebesar 18%. "Akhir 2023 lalu, kami mengamati Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan,tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru," ujar Andi.

Berdasarkan survei itu, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omset terbesar. Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini kepada para penjual. Tahun ini, hopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya.

Tren live streaming yang terus menunjukan pengaruh dan perkembangan yang signifikan, membawa perubahan terhadap lanskap persaingan, baik dalam bisnis penjualan ataupun industri e-commerce itu sendiri. Sebagai salah satu perusahaan riset pasar terkemuka di dunia, IPSOS melihat fenomena ini menjadi hal yang menarik untuk dikaji lebih lanjut

Meski terdapat pergeseran kebiasaan belanja pada masyarakat Indonesia, Shopee Live terus berinovasi dan menghadirkan penawaran terbaik bagi para brand lokal dan UMKM untuk memenangkan persaingan di pasar digital. "Dengan data-data ini, dapat disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi platform live streaming pilihan utama brand lokal dan UMKM. Shopee Live menjawab berbagai aspek penting yang dibutuhkan oleh para penjual dalam mengembangkan bisnis mereka dan memberikan hasil omset terbesar bagi brand lokal dan UMKM,” ujar Andi. IPSOS akan mengulik lebih lanjut tren live streaming di 2024.

Keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan interaktif yang unggul, menjadikannya sebagai pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM berdasarkan survei IPSOS di akhir tahun 2023 lalu. Berikut, aspek yang mempengaruhi preferensi para penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e-commerce;

  • Fitur live streaming dengan layanan yang memuaskan bagi penjual dan pembeli telah menjadi tren yang semakin populer dalam industri e-commerce selama beberapa tahun terakhir. Salah satu keunggulan utama dari live streaming adalah kemampuannya untuk menciptakan interaksi langsung antara penjual dan konsumen.
  • Melalui live streaming, merek lokal dan UMKM dapat berkomunikasi secara real-time, menjawab pertanyaan, dan memberikan informasi langsung kepada konsumen. Fitur dan layanan ini menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih dari sekadar transaksi jual-beli dan membangun hubungan yang erat antara penjual dan konsumen.
  • Menurut survei IPSOS pada 2023, Shopee Live menunjukkan keunggulan yang signifikan dalam menyediakan layanan terbaik bagi merek lokal dan UMKM dengan persentase 67%, yang jauh mengungguli TikTok Live (25%), Lazada Live (5%), dan Tokopedia Play (3%). Temuan survei IPSOS juga menunjukkan bahwa Shopee Live (63%) dianggap sebagai live streaming dengan fitur interaktif terbaik oleh merek lokal dan UMKM, diikuti oleh TikTok Live (25%), Lazada Live (7%), dan Tokopedia Play (6%).
  • Fitur live streaming membantu meningkatkan omset brand lokal dan UMKM. Keunggulan fitur live streaming ini memberikan pengalaman belanja yang berbeda untuk konsumen, hal ini juga membawa pengaruh terhadap omset brand lokal dan UMKM.
  • Dalam perbandingan antara platform e-commerce, lebih dari setengah brand lokal dan UMKM (67%) mengakui Shopee Live memberikan peningkatan omset terbesar bagi bisnis mereka. Angka ini melampaui para pesaingnya seperti TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%), dan Lazada Live (4%)

© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved