CSR Corner

Upaya IPC TPK Wujudkan Kemandirian Ekonomi Warga Sekitar Pelabuhan

Pelatihan kewirausahaan bagi warga sekitar pelabuhan Teluk Bayur Padang. (dok IPC PTK)

swa.co.id, Padang - IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan untuk istri Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), istri tenaga kebersihan pelabuhan serta ibu-ibu masyarakat sekitar Pelabuhan Teluk Bayur. Pelatihan kewirausahaan ini dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan TKBM, tenaga kebersihan dan masyarakat ring 1 sekitar Pelabuhan Teluk Bayur serta menumbuhkan pelaku UMKM baru di Kota Padang.

Guna Mulyana, Direktur Utama IPC Terminal Petikemas, mengatakan IPC TPK berupaya mendorong peningkatan kesejahteraan warga ring 1 sekitar pelabuhan diseluruh area kerja dengan peningkatan kapabilitas melalui pelatihan memasak. Kali ini 20 orang ibu rumah tangga diberikan keterampilan membuat kue sehingga dapat merintis peluang usaha dari rumah dan menambah pemasukan untuk keluarga.

“Kota Padang menjadi tempat ketiga pada pelaksanaan Program TJSL Pelatihan Kewirausahaan IPC TPK setelah sebelumnya pada 2022 diselenggarakan di wilayah IPC TPK Tanjung Priok, Jakarta dan wilayah IPC TPK Panjang, Lampung di 2023. Program ini sejalan dengan salah satu dari 13 Program TJSL Strategis Pelindo Group yang ditetapkan oleh Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bidang Ekonomi dan UMK yaitu program Pemberdayaan UMK, Maritime Preneur,” ucap Guna pada siaran pers di Padang, Sumatera Barat seperti dikuti pada Sabtu, (8/6/2024) .

Program ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu tingkat partisipasi remaja dan dewasa dalam pendidikan dan pelatihan formal dan non formal dalam 12 bulan terakhir, menurut jenis kelamin. Tidak sebatas keterampilan saja, peserta diberikan juga pembekalan berupa penyajian kemasan, pemilihan bahan hingga penetapan harga.

Suci salah satu peserta menuturkan bahwa sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini karena ilmu bertambah, pengalaman bertambah, juga menambah teman baru. “Kami tidak hanya diajarkan cara membuat kue, tapi juga bagaimana mengemasnya dengan menarik agar bisa dijual dan menambah penghasilan,” kata Suci. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved