Capital Market & Investment

eFishery Mengantongi Green & Social Loan US$30 Juta dari HSBC

Perayaan 10 tahun eFishery di Bandung. (foto Ubaidillah/SWA)

swa.co.id, Jakarta - PT Bank HSBC Indonesia (HSBC) memberikan green and social loan sebesar US$30 juta ke eFishery untuk mendukung kebutuhan modal kerja, akhir Juni lalu. HSBC Indonesia juga memberi mandat eFishery guna membantu ambisi perusahaan untuk mengintegrasikan aspek-aspek ESG dalam operasi bisnis mereka.

Pinjaman ini akan memungkinkan eFishery untuk memperluas armada eFeeder mereka, inovasi teknologi pertama eFishery berupa perangkat pemberian pakan otomatis menggunakan AIoT (Artificial Intelligence of Things), yang akan disewakan kepada ratusan ribu pembudidaya ikan skala kecil dalam jaringan mereka. Dengan menggunakan eFeeder, pembudidaya ikan dapat meningkatkan efisiensi pakan hingga 30% dan kapasitas produksi hingga 25%

CEO eFishery, Gibran Huzaifah, mengatakan pinjaman hijau tersebut merupakan langkah dukungan penting dalam misi merevolusi industri akuakultur di Indonesia. Pendanaan ini akan memungkinkan perusahaan memperluas armada eFeeder dan memberdayakan pembudidaya ikan dan petambak udang skala kecil dengan teknologi dan sumber daya yang mereka perlukan, agar lebih produktif dan berkelanjutan. “Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia merupakan produsen ikan terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok. Pada tahun 2022, perikanan dan industri perikanan diperkirakan memberikan kontribusi sekitar 2,6 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Namun, sebagian besar konsumsi ikan dalam negeri Indonesia berasal dari perikanan skala kecil, bukan industri perikanan yang menghasilkan sebagian besar ekspor perikanan. Nelayan tradisional ini mempunyai peran penting dalam perekonomian negara karena mereka merupakan 90 persen dari seluruh nelayan di Indonesia,” kata Gibran seperti ditulis pada Sabtu, (8/6/2024).

Managing Director Head of Wholesale Banking PT Bank HSBC Indonesia, Riko Tasmaya mengaku hal tersebut merupakan bagian dari ambisi perusahaan untuk mendukung pertumbuhan sektor ekonomi baru berbasis platform di Indonesia, sekaligus mendukung sektor akuakultur di Indonesia untuk menerapkan praktik berkelanjutan di sepanjang rantai pasokannya.

“eFishery merevolusi metode budidaya tambak tradisional dan memberi solusi mutakhir dalam ekosistem akuakultur, dengan menawarkan platform menyeluruh yang memberikan para pembudidaya dan petambak akses pada teknologi, pakan yang kompetitif, pembiayaan, dan pasar untuk ikan mereka,” ucapnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved