Technology

Pemprov Kalbar dan Mbizmarket Meningkatkan Skala Bisnis UMKM di Toko Daring

Pemprov Kalbar dan Mbizmarket Meningkatkan Skala Bisnis UMKM di Toko Daring
Mbizmarket
Hingga kini, lebih dari 2.000 pelaku usaha UMKM di Kalbar yang telah bergabung sebagai penyedia di marketplace mitra resmi Toko Daring LKPP (Foto: dok.Mbizmarket)

swa.co.id, Jakarta- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) berkomitmen mendukung kemajuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada temu bisnis penyedia UMKM dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Temu bisnis UMKM dan OPD ini memperkenalkan fitur terbaru Mbizmarket, yakni MbizTravel. Mbizmarket satu-satunya yang mempunyai layanan untuk mengatur Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) dengan lebih transparan, akuntabel, efektif serta efisien, dan terhubung dengan banyak travel agent lokal di daerah.

Sejak Januari 2022, Pemprov Kalbar telah menginisiasi percepatan pengadaan digital, sesuai dengan program e-purchasing Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP RI), yaitu, melalui pemanfaatan marketplace yang tergabung sebagai mitra resmi Toko Daring LKPP. Program ini bertujuan untuk mendorong pengadaan barang/jasa menjadi transparan, akuntabel, efektif, efisien, sekaligus untuk memberdayakan para pelaku UMKM untuk berpartisipasi dalam pengadaan pemerintah.

Penyedia yang belum memperoleh kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengadaan kebutuhan barang/jasa di Pemprov Kalbar mendorong diselenggarakannya kegiatan temu bisnis tersebut. Pemprov Kalbar mendorong semua perangkat daerah di lingkup Provinsi Kalbar dan kami sudah mengeluarkan surat imbauan untuk pemanfaatan toko daring ini sebagai bagian dari proses pengadaan digital barang dan jasa pemerintah. "Pemprov Kalbar meyakini toko daring menjadi solusipengadaan pemerintah, sebagai upaya untuk mendorong integritas para pelaku khususnya UMKM dan OPD di era digital ini.” ujar Ignasius IK, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalbar pada siaran pers yang dikutip Minggu (9/6/2024). .

Hingga 31 Desember 2023, transaksi pengadaan digital barang/jasa di Provinsi Kalbar melalui platform Mbizmarket telah mencapai lebih dari Rp290 miliar yang berasal dari 63.254 pesanan. Total transaksi di Provinsi Kalimantan Barat berasal dari 1.146 OPD. Saat ini lebih dari 2.063 penyedia telah terdaftar di platform Mbizmarket, dan sekitar 1.000 penyedia berpartisipasi aktif untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Andhie Saad, CCO & COO Mbizmarket, menyampaikan seluruh OPD di Kalbar untuk beralih ke travel lokal dalam upaya mendukung pelaku usaha travel agent lokal. Mbiz Market memberikan akses selama 24 jam pada sepekan kepada OPD Kalbar ke Online Travel Agent (OTA) yang merupakan travel agent lokal yang telah bergabung ke satu-satunya ekosistem marketplace travel agent di Indonesia. "Dengan termin pembayaran yang fleksibel, pembayaran yang dapat dilakukan secara online, dapat menerima pembayaran dengan Kartu Kredit Indonesia (KKI) QRIS, dengan nilai transaksi maksimal hingga Rp10 juta sekali pembelian,” ungkap Andhie Saad, CCO & COO Mbizmarket.

Pemprov Kalbar mengapresiasi keberadaan Mbizmarket sebagai salah satu mitra resmi Toko Daring LKPP RI yang mendukung transformasi pengadaan digital. Pemprov ini memulai transaksi perdana di Mbizmarket pada Januari 2022, dan terus berlanjut hingga saat ini. “Kami berharap, UMKM yang bergabung di Toko Daring, khususnya di Mbizmarket, lebih banyak yang berpartisipasi dalam pengadaan pemerintah. Selain itu, kami akan memaksimalkan para OPD yang ada di Dinas, Badan, maupun Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) di lingkup Kalbar agar pertumbuhan ekosistem perekonomian daerah dapat meningkat ke depannya, dengan adanya kerja sama yang baik antara pelaku UMKM dan OPD,” ungkap Prasetyo Tri Sejati, Kepala Bagian Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Pemprov Kalbar.

Mbizmarket telah diakui eksistensi dan perannya sebagai mitra Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa LKPP (LKPP) RI sebagai Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) dalam mendukung transformasi digital pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah daerah di Indonesia.

Platform Mbizmarket (Mbiz) adalah trendsetter di marketplace business to business (B2B) di Indonesia. Ini adalah solusi e-procurement berbasis web dan mobile apps yang dapat digunakan perusahaan dan organisasi untuk mengelola ketersediaan dan manajemen vendor dengan lebih baik, mengendalikan transaksi dan sumber transaksi, dan memastikan manajemen pengeluaran yang efektif untuk berbagai produk dan jasa.

Mbiz membantu perusahaan besar-menengah dan organisasi pemerintah di Indonesia, dan berbagi praktik terbaik dalam transformasi pengadaan digital, untuk membantu mitra bisnis dalam mencapai efisiensi, transparansi, penghematan biaya, dan peningkatan proses pengadaan secara keseluruhan.

Mbiz yang mengelola dua platform yaitu Mbiz.co.id dan Mbizmarket.co.id telah diperkuat dengan berbagai fitur dalam solusi e-procurement seperti budget control, approval process, ordering, dan fulfillment tracking, pembayaran serta spend reporting and analysis dalam satu platform. Mbiz memiliki ratusan karyawan serta ribuan buyer dan seller dalam ekosistem e-commerce, yang terdiri dari ribuan korporasi menengah dan besar, dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved