Marketing

Indomaret dan Chef Berkolaborasi untuk Mendongkrak Yummy Choice

Chef William Wongso, seorang pakar kuliner saat mereview Yummy Choice Rawon Daging Sapi dan Yummy Choice Soto Daging Sapi. (Foto: Dok/YC).

swa.co.id, Jakarta- Untuk memperbesar pasar makanan siap saji, Yummy Choice, berinovasi memenuhi permintaan dan kebutuhan pasar. Salah satu strategi yang gencar dilakukan saat ini dengan menggandeng chef papan atas untuk meracik resep khusus.

Pada November 2023, misalnya, Yummy Choice berkolaborasi dengan Chef Devina dengan produknya Nasi Goreng Ayam Hongkong, Bihun Goreng Ayam Singapore, dan Fettuccine Lava Cheese Burger. Selanjutnya, Yummy Choice di akhir Mei lalu merilis menu khas nusantara by Chef Vindex Tengker dengan produknya Nasi Daging Konro Bakar, Nasi Ayam bakar Taliwang, dan Mie Aceh Ayam Tangkap. “Ke depannya, kami akan berkolaborasi dengan chef ternama lainnya yang sesuai spesialisasinya,” kata Bastari Akmal Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret), pada Minggu (9/6/2024).

Proses kolaborasi diawali diskusi bersama chef untuk pemilihan produk yang akan dikolaborasikan. Apabila telah disepakati, chef mengembangkan resep khusus untuk Indomaret. Setelah proses disepakati, tahapan selanjutnya adalah meluncurkan produk. Bastari menyebutkan skema kerjasama ini tidak ada royalty, melainkan beli putus resep, namun sudah termasuk kebutuhan untuk campaign marketing produknya.

Bastari menyebutkan pertimbangan Yummy Choice menggandeng para Chef karena ingin mengangkat makanan Khas Nusantara dengan rasa terbaik untuk konsumen. Para chef ini memang sudah ahli dan berpengalaman di dunia masakan khas nusantara untuk mendapatkan citarasa yang otentik.

Untuk memastikan kualitas produk racikan, Yummy Choice menggandeng Chef William Wongso, pakar kuliner terkemuka Indonesia untuk memberikan ulasan terhadap dua produk kuliner yang tersedia di ribuan toko Indomaret di seluruh Indonesia yaitu Yummy Choice Rawon Daging Sapi dan Yummy Choice Soto Daging Sapi. Produk-produk ini telah ada sejak tahun 2023 dan menawarkan rasa autentik khas masakan Jawa Timur dalam bentuk frozen food yang praktis, serta tanpa bahan pengawet.

Chef William menyampaikan kekagumannya terhadap rasa dan tekstur produk-produk ini. “Kuahnya terasa medok, rasa daging cukup lembut, lunaknya pas tetapi dagingnya tidak hancur,” katanya saat mencicipi Yummy Choice Soto Daging Sapi.

Selanjutnya, Chef William juga mencoba Yummy Choice Rawon Daging Sapi, diakuinya, rasa otentik ini yang ditemui di sini, teksturnya baik, empuk, dan tidak lumat. Chef William memuji inisiatif Indomaret dalam memasarkan produk-produk kuliner tradisional ini. “Ini niat yang baik untuk memperkenalkan makanan satu daerah ke daerah lain, karena Indomaret cabangnya itu banyak sekali dan menyebar di seluruh Indonesia, jadinya nanti akan terjadi pertukaran cita rasa antara satu daerah ke daerah lain,” ujarnya.

Selain kolaborasi dengan chef, Yummy Choice mengaktivasi branding awareness pada lomba memasak produknya ini. Oh ya, Yummy Choice tersedia di gerai Indomaret. Yummy Choice juga aktif melakukan sosialisasi di media sosial serta rutin memberikan icip-icip produk di beberapa toko Indomaret. “Yummy Choice di Indomaret juga men-develop produk lain yang dijual di gerai yang sama, saat ini Yummy Choice telah menjual sekitar 100 varian produk. Jumlah produksinya berbeda-beda disetiap wilayah dan setiap bulannya disesuai dengan demand dan potensi pasar,” tutur Bastari.

Umumnya makanan siap saji Yummy Choice dijual di gerai Indomaret yang untuk makanan siap saji, seperti airport, stasiun, sekolah, kampus serta gedung perkantoran. Target market-nya adalah konsumen yang memang sudah loyal dengan produk Yummy Choice Indomaret dan juga penggemar dari chef yang menantikan masakan original favoritnya.

Saat ini, Yummi Choice mudah ditemukan di seluruh adalah Indomaret Fresh dengan produk jual yang lebih lengkap dan juga gerai Indomaret lain yang memiliki potensi pasar yang tinggi. Produk kolaborasi ini sudah dijual digerai nasional Indomaret khususnya kota- kota besar di Indonesia, khususnya yang memiliki central kitchen seperti Medan, Makassar, Karawang, Cibinong, Yogyakarta, Bali dan Samarinda. “Yummy Choice hanya dijual eksklusif di gerai Indomaret,” ucap Bastari. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved