Trends

Gelar Astranauts, Astra Pacu Inovasi Digital Para Startup

Direktur Astra Santosa (kanan), Direktur Astra Hamdhani Dzulkarnaen Salim (kedua kiri), bersama pemenang Astranauts 2024 jalur startup. (Foto : Dok).

swa.co.id, Jakarta- Untuk terus memacu perkembangan inovasi digital bagi dunia startup, Astra kembali melanjutkan program inisiatifnya, Astranauts 2024 yakni kompetisi inovasi digital dan teknologi untuk startup dan mahasiswa. Program yang sudah berjalan selama dua tahun ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan di Indonesia dengan solusi digital yang berdampak, mempromosikan dan memberdayakan inovasi bagi calon wirausaha digital, serta meningkatkan inovasi, transformasi, dan kolaborasi digital.

Astranauts 2024 mengangkat tema Technology Innovation for Today and The Future of Indonesia, dan mengompetisikan delapan topik utama, yaitu Smart Automotive & Manufacturing, Smart Financial Services, Smart Mining & Energy, Smart Agriculture, Smart Mobility & Logistics, Smart Infrastructure & Property, Smart Technology, hingga Smart Healthcare, serta kategori baru Business Challenge. “Astranauts 2024 mengajak inisiator startup dan mahasiswa untuk dapat menunjukkan solusi-solusi terbaik yang dapat memberi manfaat untuk masyarakat melalui teknologi terkini. Astra yakin bahwa generasi muda tersebut dapat memberikan kontribusi yang berarti dan berkelanjutan bagi Indonesia,” ujar Direktur Astra Santosa, di Menara Astra, Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Pada pelaksanaan tahun ini, pendaftar Astranauts 2024 meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya, atau mencapai 2.400 peserta. Kemudian 19 finalis terpilih telah menampilkan karyanya di hadapan dewan juri, dengan berbagai kriteria penilaian, hingga terpilihlah sembilan pemenang Astranauts 2024.

Jalur startup dengan juara 1: FishGo; juara 2: AKAR; juara 3: 3DPint.ID. Pada jalur mahasiswa, juara 1: MooApps; juara 2: INCLUDE Technology; juara 3: KOMIB.id. Serta kategori business challenge juara 1: AssetFindr; juara 2: Mine-Eye Gama; juara 3: S.2.R.E.

Selain mendapatkan apresiasi berupa uang tunai senilai total Rp350 juta, kesempatan untuk berkolaborasi dengan Grup Astra, mentorship eksklusif dari para pakar dan pemimpin industri, serta kesempatan untuk bertemu dan mengajukan ide ke venture capital yang menjadi partner Astranauts 2024.

Astranauts 2024 turut melibatkan beberapa perusahaan dalam Grup Astra dan perusahaan lainnya dalam menjaring peserta dan mendukung program acara. Adapun perusahaan Grup Astra yang menjadi mitra pada tahun ini yaitu PT Pamapersada Nusantara (PAMA), PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), PT Toyota Astra Financial Services (TAF), Immersion by Lexus, dan PT Astragraphia Tbk.

Sementara mitra yang terlibat dalam penjaringan peserta adalah Astra Strartup Community (ASC), Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), BLOCK71 Indonesia, Endeavor, Google for Startups, Habibie Innovators by Hi Incubator, Impact Hub, Kumpul.id, Lestari, Plug and Play, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, dan SISTEM. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved