Technology

Exabytes dan PANDI Dorong Penggunaan Domain Lokal

Ilustrasi domain. (dok. Exabytes)

swa.co.id, Jakarta-Percepatan transformasi digital Indonesia mendapat pengakuan dari World Digital Competitiveness Ranking (WDCR). Hal ini dibuktikan dalam survei International Institute for Management Development (IMD), yang mengatakan bahwa Indonesia naik enam peringkat menjadi peringkat ke-45 di 2023. Sebelumnya, Indonesia pada peringkat ke-51 pada tahun 2022.

Seiring dengan momentum ini, PT Exabytes Network Indonesia (Exabytes) sebagai penyedia solusi all-in-one bisnis cloud, digital, dan e-commerce di Asia Tenggara menjalin kolaborasi dengan PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

PANDI, sebagai pengelola lanskap domain di Indonesia, memiliki peranan dalam memfasilitasi pendaftaran dan pengelolaan nama domain dengan eksistensi .id. PANDI mencatat total pengguna domain .id per 31 Desember 2023 yaitu sebanyak 951.421, angka tersebut meningkat 31% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 726.305.

Namun jumlah pengguna domain .id tersebut masih sangat kecil, yaitu hanya 0,4% jika dibandingkan dengan total pengguna internet di Indonesia sebanyak 215 juta berdasarkan survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2023. Data Exabytes sendiri menyebutkan bahwa pengguna domain .co.id dan .id hanya sekitar 25.43%.

Sedangkan pengguna domain .com cukup signifikan 44.67% dari total keseluruhan pengguna domain di Exabytes. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia akan penggunaan domain lokal.

Exabytes dan PANDI percaya bahwa penggunaan domain.id harus terus digalakkan karena domain .id merupakan bentuk identitas digital Indonesia untuk menguasai sektor digital. Oleh karena itu, melalui kolaborasi dengan Exabytes, penyedia web hosting dan layanan digital terpercaya, memiliki komitmen bersama untuk memperkuat bisnis dan individu di Indonesia dengan penggunaan domain .id yang lebih luas, sehingga dapat menjadi katalisator bagi transformasi digital bisnis di Indonesia.

Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia, mengungkapkan antusiasmenya terhadap kolaborasi ini, “Dengan memaksimalkan keahlian kami di bidang web hosting dan solusi digital, serta pengalaman PANDI yang luas dalam pengelolaan domain, kami berharap dapat menginspirasi dan membantu lebih banyak lagi pelaku usaha dan individu untuk memanfaatkan kekuatan internet dalam mencapai tujuan mereka,” ungkap Indra.

Program ini bertujuan untuk menggerakkan revolusi digital di Indonesia dengan mendorong penggunaan nama domain secara luas sebagai landasan pembentukan identitas dan branding online. Dengan memberikan dukungan yang komprehensif, diharapkan dapat membuka jalan menuju Indonesia yang lebih inklusif dan dinamis secara digital. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved