Trends

Bridgestone Indonesia Gunakan ESG Deposit dari Bank BTPN

swa.co.id, Jakarta- PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) mengumumkan langkah korporasi dengan menggunakan produk perbankan ESG Deposit dari PT Bank BTPN Tbk. Hal ini menjadi bagian dari upaya Bridgestone untuk turut mendukung terciptanya masa depan yang lebih berkelanjutan (sustainable), sebagaimana tertuang dalam Bridgestone E8 Commitment.

ESG Deposit merupakan deposito yang dialokasikan secara strategis pada inisiatif, proyek, dan kegiatan yang berkontribusi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dalam koridor Environmental, Social, and Governance (ESG). Langkah ini merupakan partisipasi aktif Bridgestone untuk berkontribusi dan berkomitmen terhadap proyek pembangunan berkelanjutan dan lingkungan rendah karbon dan berkelanjutan. “Solusi keuangan ini merupakan bagian dari program perusahaan dalam mendukung upaya kami untuk mencapai netralitas karbon secara global pada 2050 mendatang sekaligus mendorong kami termotivasi untuk mendukung pemerintah Indonesia mencapai net zero emissions (NZE) pada 2060 mendatang atau lebih cepat,” ujar President Director Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno pada siaran pers di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Mukiat Sutikno, President Director Bridgestone Indonesia. (Foto : Istimewa).

Nathan Christianto, Head of Wholesale, Commercial, and Transaction Banking Bank BTPN, menyampaikan penggunaan dana dari ESG Deposit akan dipergunakan untuk pendanaan inisiatif, proyek, dan kegiatan keberlanjutan baru yang sudah ada yang perlu didanai dan sesuai dengan kaidah yang diatur pada kerangka kerja ESG Deposit dan transparan diakses nasabah. “Untuk mengevaluasi pendanaan yang memiliki dampak sosial terdapat beberapa indikator yang harus dipenuhi, seperti penciptaan lapangan kerja, ketahanan pangan dan sistem pangan berkelanjutan, infrastruktur dasar yang terjangkau, dan lain-lain,” ujar Nathan.

Selain aspek finansial, Bridgestone E8 Commitment juga teraplikasikan pada aspek-aspek lain perusahaan seperti proses produksi maupun produk kepada konsumen. Pada proses produksi, upaya perusahaan dalam menurunkan tingkat emisi mendapatkan apresiasi dari dua mitra bisnisnya, melalui penghargaan Best CO2 Reduction pada Honda Supplier Conference 2023 dan Special Appreciation – Excellent CO2 Reduction Contribution pada ajang Toyota MotorManufacturing Indonesia Supplier Convention 2023. Sementara pada aspek produk, komitmen ini terwujudkan dalam bentuk aplikasi teknologi ramah lingkungan seperti Enliten yang saat ini tersedia pada produk Bridgestone Ecopia EP300 Eliten. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved