Trends

Logistik Kunci Memenangkan Persaingan di Perdagangan Ektronik

Logistik Kunci Memenangkan Persaingan di Perdagangan Ektronik

swa.co.id, Jakarta- Logistik menjadi salah satu pemain kunci dalam pertumbuhan perdagangan elektronik. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan masyarakat memilih layanan e-commerce. Uci (31 tahun), pemilik toko online Mikhayla Shoes terbantu dengan beragam pilihan jasa logistik yang tersedia di platform di Shopee. Mikhayla Shoes menjual sepatu dan sandal wanita, dengan lebih dari 40 ribu penilaian pelanggan. Uci sengaja menggunakan berbagai layanan ekspedisi seperti Anteraja, Sicepat, JNE, JNT, SPX, dan ID Express untuk menjangkau pelanggannya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke

Dia menceritakan sejak awal Mikhayla Shoes buka di marketplace Shopee, semua jasa kirim diaktifkan karena ada beberapa daerah yang tidak terjangkau oleh beberapa ekspedisi tersebut. “Dengan begitu pelanggan juga lebih leluasa untuk pilih jasa kirim yang ada di daerahnya,” jelas Uci pada Selasa (11/6/2024).

Uci meyakini kecepatan dan keandalan pengiriman merupakan faktor krusial karena dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi keluhan. “Kami ingin memastikan bahwa pelanggan menerima produk mereka dengan cepat dan dalam kondisi baik, yang pada akhirnya meningkatkan ulasan positif dan reputasi Mikhayla Shoes,” ungkap Uci.

Hal yang sama juga dirasakan Nendah (23), pemilik toko Dhinda Hijab yang baru-baru ini viral di TikTok karena kisah inspiratifnya membangun bisnis. Nendah sendiri seringkali membuka layanan logistik instant atau same day delivery untuk pelanggan yang membutuhkan barangnya untuk cepat sampai. "Jadi pelanggan saya itu banyak dari kalangan ibu-ibu yang pesan hari dan mau pakai produk Dhinda Hijab di hari yang sama, jadi harus bisa cepat sampai. Jadi saya perlu ikut layanan pengiriman instan supaya pelanggan juga nggak lama nunggu,” ungkapnya.

Sementara dari sisi pembeli, Kirana (34) seorang karyawan swasta yang merupakan pelanggan setia platform e-commerce berujar bahwa dirinya memiliki preferensi yang kuat terhadap pilihan kurir yang disediakan oleh platform e-commerce "Kebetulan saya adalah sobat toko oren, salah satu saya sering belanja di sana selain karena banyak diskon ya karena kita bisa leluasa pilih jasa pengiriman sih. Saya nyaman aja kalau pake jasa pengiriman yang memang biasa saya pake, karena udah percaya dan merasa aman sih,” jelas Kirana.

Adapun Berdasarkan data dari Campaign 360 Research, Shopee mendapatkan skor 87% dengan pengalaman berbelanja terbaik di Indonesia. Pasalnya Shopee menyediakan berbagai pilihan pengiriman yang fleksibel yang mampu memenuhi meningkatkan pengalaman pengguna baik penjual maupun pembeli dalam transaksi jual-beli di platformnya. (*)

Foto : Dok.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved