Property

Mowilex Terapkan Bisnis yang Berkelanjutan, Pangkas Konsumsi Energi dan Produknya Ramah Lingkungan

Seluruh produk Mowilex PRO telah tersertifikasi Green Label Indonesia. Salah satunya digunakan untuk pengecatan Jakarta International Stadium. (Foto: dok.Mowilex)

swa.co.id, Jakarta- PT Mowilex Indonesia (Mowilex) menerapkan praktik berkelanjutan di seluruh aspek operasional. Praktik Mowilex ini diuji dan diaudit oleh PT Lapmo Indonesia yang memverifikasinya dan menilai operasional dan produk Mowilex terhadap lingkungan hidup. Lapmo Indonesia melakukan hal ini untuk menakar produk Mowilex yang memenuhi standar Green Label Indonesia (GLI).

Hasil uji dan audit Lapmo Indonesia menyebutkan Mowilex mengadopsi dan menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berdampak positif terhadap pada lingkungan hidup. Mowilex, produsen cat dan pelapis premium, memproduksi produk cat yang tidak mengandung bahan metal berbahaya seperti logam berat dan timbal. Produknya diuji kadar VOC (Volatile Organic Compound). Skor VOC sangat rendah dibawah 50g/L yang merupakan batas ketat yang dikeluarkan oleh EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat.

Selain itu, penilaian juga mencakup penilaian terhadap penghematan konsumsi energi. Mowilex memangkas penggunaan energi listrik sebesar 25,73% dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian, penghematan konsumsi air mencapai 19,37% per produksi. Praktik berkelanjutan Mowilezx ini diapresiasi oleh Green Label Indonesia (GLI). Lembaga nirlaba ini memberikan peringkat tertinggi yaitu Gold dari Green Product Council Indonesia (GPCI) kepada Mowilex.

Kategori Gold dari GPCI ini diterima Mowilex pada tiga tahun beruturut-turut. Sebanyak 17 produk interior dan eksterior Mowilex meraih sertifikasi GLI. “Keberhasilan Mowilex melewati pengujian standar Green Label Indonesia dengan peringkat Gold membuktikan bahwa Mowilex memiliki produk-produk ramah lingkungan dan berdedikasi dalam tanggung jawab terhadap lingkungan. Tentunya sertifikasi ini merupakan sebuah bentuk pengakuan atas produk kami yang diproduksi secara bertanggung jawab sejak beroperasi pada 1970,” kata CEO Mowilex, Niko Safavi, pada siaran pers yang dikutip Selasa (11/6/2024).

Yudiono, Chairman GPCI, mengapresiasi konsistensi Mowilex sebagai pionir dan pemimpin praktik berkelanjutan di industri ini dan memberikan produk yang terbaik kepada konsumen. Saat ini, produk Mowilex merupakan produk terbanyak di kategori cat yang disertifikasi GLI. “Kita tidak hanya perlu menjadi konsumen cerdas, tetapi juga ikut bertanggung jawab terhadap lingkungan. Karena itu pun, pilihan produk ramah lingkungan dalam produk cat bukan sekadar tentang membuat rumah menjadi indah, tapi juga menjaga keberlangsungan lingkungan hidup,” ungkap Yudiono.

Penilaian lainnya yang dipertimbangkan GCPI adalah sistem manajemen lingkungan yang telah tersertifikasi ISO 14001, serta pengelolaan limbah dengan menunjuk pihak berijin yang telah sesuai standar Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2022.

Mowilex memperbaharui sertifikasi Green Label Indonesia ini yang menguji 17 produk Mowilex. Sebanyak 10 dari 17 produk ini produk terbaru. Kesepuluh cat baru itu adalah Cendana Pro CN-261, Cendana Pro CX-500, Cendana Pro PC-2000, Cendana Pro PC-3000, Mowilex Pro E-1100, Mowilex Pro I-1500, Mowilex Pro PR-100, Mowilex Pro PR-110, Mowilex Pro PR-210, dan Mowilex Pro WP-1400. Adapun ketujuh produk lainnya adalah Cendana CN 210, Cendana CN 250, Mowilex Pro Exterior E-1200, Mowilex Pro I-1000, Mowilex Pro I-2000, Mowilex Pro I-3000, serta Mowilex Pro I-4000.

Produk-produk berkualitas dan ramah lingkungan ini digunakan dalam sejumlah proyek-proyek besar skala nasional dan internasional. Sebut saja Jakarta International Stadium, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, serta Bali International Hospital.

Terkait keberlanjutan, Mowilex tidak hanya menjadi perusahaan manufaktur pertama yang mengantongi sertifikat netral karbon dari Climate Impact Partners. Perusahaan juga meraih sertifikasi Singapore Green Label dari The Singapore Green Labelling Scheme (SGLS) untuk produk-produk ritel utama Mowilex.

Mowilex Indonesia adalah anak perusahaan Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd., produsen cat dan pelapis premium. Sejak meluncurkan cat berbasis air pertama buatan Indonesia pada tahun 1970, perusahaan yang mengedepankan keamanan produk telah memperluas komitmennya terhadap etika lingkungan, kesetaraan dan inovasi. Selain itu, Mowilex merupakan perusahaan manufaktur pertama di Indonesia yang bersertifikat Netral Karbon, yang memproduksi cat dengan kandungan nol dan rendah VOC dengan warna warni modern. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved