CSR Corner

Unilever dan Alner Dorong Ekonomi Sirkular

Acara Unilever dan Alner Berdayakan UMKM, Dorong Gaya Hidup Guna Ulang. (Foto: Audrey Aulivia Wiranto/SWA)

swa.co.id, Jakarta- Menyambut Hari Isi Ulang Sedunia yang diperingati setiap 16 Juni, Alner, Unilever,dan EY merayakan kemajuan Project TRANSFORM-Alner, didukung oleh Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan Inggris. Selama satu tahun, project ini telah berhasil memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebanyak 675 unit. Kegiatan inienyebarluaskan gaya hidup belanja isi ulang (refill) di tengah masyarakat dan mengurangi 4.412 kg kemasan plastik baru.

Pencapaian ini dipaparkan pada diskusi Refill Station: Berdayakan UMKM, Dorong Gaya Hidup Belanja Ramah Lingkungan yang menghadirkan sejumlah pemangku kepentingan yang bertukar pandangan tentang alternatif pengurangan dan penanganan sampah plastik. Konsep refill diyakini sebagai salah satu solusi yang dieksplorasi penerapannya.

Jumlah sampah di Indonesia pada 2023 sebanyak 19,5 juta ton. Sebanyak 3,6 juta ton dari jumlah total sampah ini adalah sampah plastik. Guna merealisasikan target ‘Indonesia Bebas Sampah hingga 2025, masih banyak potensi penanganan isu plastik yang dapat digarap untuk dampak yang optimal.

Ujang Solihin Sidik, Kasubdit Barang dan Kemasan, Direktorat Pengelolaan Sampah Ditjen Pengelolaan Sampah Limbah, dan B3 di Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (Kementerian LHK) menyatakan sistem refill adalah inovasi yang dapat digunakan untuk mengurangi dan mencegah sampah plastik dari hulu. Sistem ini memiliki potensi untuk berkembang, dan patut menjadi model bisnis yang diterapkan oleh lebih banyak produsen guna mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Selain itu, pemahaman dan partisipasi masyarakat untuk menjalankan gaya hidup refill juga dibutuhkan agar permasalahan sampah plastik dapat diatasi secara lebih komprehensif.

Alner, perusahaanstart-up solusi penyedia sistem guna ulang kemasan produk barang-barang konsumsi, merupakan fasilitator kemasan refill dengan misi menangani limbah kemasan sekali pakai mulai dari hulu. Sejak 2023, Alner menjalankan Project Transform-Alner yang menguji opsi refill yang inovatif pada produk-produk barang konsumsi dengan menyasar ke masyarakat menengah bawah. Berbeda dari solusi refill lainnya, Alner menggunakan low tech refill (tanpa mesin isi ulang). Dengan proses manual dari jerigen langsung ke botol konsumen, pendekatan ini menjadi lebih efisien secara biaya dan lebih mampu untuk di-scale up.

Renata Felichiko, Chief Commercial Officer Alner, menjelaskan proyek Transform-Alner mengajak partisipasi masyarakat sebagai mitra yang menyediakan fasilitas refill. Mereka adalah UMKM berbasis komunitas dan konvensional seperti toko atau warung dan bank sampah, sehingga tercipta sistem yang dapat direplikasi dengan cepat dan dalam skala besar. "Apalagi 70% produk di Indonesia dibeli melalui channel konvensional dan kini semakin banyak bank sampah berbasis komunitas mulai memasuki ekosistem refill sebagai pengecer dan pengumpul sistem kemasan yang dapat digunakan kembali,” ujar Renata di Jakarta, Selasa (11/6/2024)..

Sebagai mitra, masyarakat tidak hanya ikut berpartisipasi dalam upaya mengurangi permasalahan sampah plastik, namun juga menjadi lebih berdaya secara ekonomi. Oleh sebab itu, mereka disebut sebagai Refill Enterprise, yang menjadikan solusi refill sebagai daya saing dan kekuatan dari usaha mereka.

Proyek Transform-Alner didanai oleh hibah dari Transforma, akselerator dengan tujuan membawa dampak kebaikan yang dipimpin oleh Unilever, Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan Inggris, dan EY. Sebagai salah satu pemenang hibah tahun lalu, Alner menjalankan proyek ini secara berkelanjutan dengan grup Unilever, termasuk Unilever Indonesia.

Mewakili Grup Unilever, Maya Tamimi, Head of Division Environment & Sustainability Unilever Indonesia Foundation, menyampaikansampah plastik menjadi salah satu fokus utama yang selalu dicermati, tindaklanjuti dan dikolaborasikan dengan semua pihak. Berpegang pada prinsip ekonomi sirkular, kerangka kerja yang mendasari seluruh strategi kami adalah mengurangi plastik, menggunakan plastik yang lebih baik,dan tanpa plastik," ucap Maya.

Inisiatif refill ini juga sejalan dengan program Unilever Indonesia Community Refill Program yang digagas Unilever Indonesia sejak Agustus 2022 untuk mengurangi konsumsi plastik baru dan memperkenalkan alternatif belanja yang ramah di kantong, ramah di lingkungan. Khusus program refill Unilever Indonesia, tahun ini tercatat telah mencapai 817 titik di area Jabodetabek serta Surabaya dan sekitarnya.

Menciptakan kebiasaan baru memang tidak mudah, terlihat dari tantangan selama Project Transform-Alner berlangsung. Misalnya dalam membentuk mindset konsumen mengenai solusi belanja tanpa kemasan, sebagian besar dari mereka masih memilih kemasan sachet/pouch yang dianggap murah dan praktis. Ada pula tantangan untuk mengajak konsumen membawa wadah isi ulang sendiri, karena dianggap merepotkan.

Untuk itu, Project Transform-Alner terus melakukan edukasi mengenai keunggulan dari solusi refill, antara lain dengan mensosialisasikan bahwa secara biaya, berbelanja dengan sistem refill bisa lebih murah dibandingkan membeli produk dalam kemasan baru. Sementara untuk kebiasaan membawa wadah sendiri, yang penting ditanamkan adalah kemauan untuk memulai. Terbukti, konsumen yang sudah mencoba menggunakan sistem refill akan terus menjalankan kebiasaan ini tanpa terbebani.

Edukasi ini terus digencarkan pada konsumen maupun Refill Enterprise, seperti melalui kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dalam program “Gerakan Guna Ulang Jakarta” yang dicetuskan Enviu dan Dietplastik ( Alner adalah anggota) untuk memperkenalkan refill ke Bank Sampah. Sri Mulyati, Ketua Sub Kelompok Kemitraan, Data dan Informasi, Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengatakan bank sampah adalah fasilitas untuk mengelola sampah dengan prinsip 3R (reuse, reduce, recycle) sebagai sarana edukasi perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah dan pelaksanaan ekonomi sirkular di masyarakat. "Kami percaya bank sampah punya peluang besar untuk menjadi wadah pensosialisasian refill sekaligus dimanfaatkan sebagai outlet refill. Kami mendorong pengaplikasian project ini di lebih banyak Bank Sampah di Jakarta," ujar Sri.

Keberhasilan Project Transform-Alner menjadi pijakan kuat untuk memberikan dampak yang lebih luas. Untuk satu tahun ke depan, ditargetkan penambahan titik hingga mencapai total 1.500 titik (termasuk yang sudah ada), disertai peningkatan volume produk guna mengurangi sampah plastik secara lebih signifikan. Project ini juga akan terus bekerja sama dengan pihak UMKM/bank sampah untuk membantu mengedukasi dan mengakuisisi mitra baru, sambil tetap mempertahankan para Refill Enterprise yang sudah aktif agar terus menekuni bisnisnya dengan konsisten.

Setelah satu tahun berjalan Project Transform-Alner telah mampu berkontribusi pada penguraian masalah sampah plastik dan peningkatan perekonomian masyarakat, terlihat dari beberapa indikator sebagai berikut;

  • Jumlah Refill Enterprise: Hingga kini penjualan refill sudah tersedia pada 675 titik di area Jabodetabek, dan jumlahnya terus bertambah

  • Manfaat ekonomi dan lingkungan yang dirasakan paraRefill Enterprise: Dengan menjual refill, kenaikan pendapatan mereka mencapai rata-rata Rp500 ribu- Rp1 juta per bulan, meningkat 10%-25% dari pendapatan bulanan sebelumnya. Selain itu, 46,2% dari mereka menjadi lebih memahami sistem refill, dan merasa bahwa dampak sampah mereka terhadap lingkungan lebih berkurang

  • Minat masyarakat terhadap solusi refill:Sudah ada 77.624 liter produk yang terjual melalui sistem refill, menandakan bahwa solusi ini mulai diterima dengan baik dan berpotensi untuk terus ditingkatkan

  • Pengurangan kemasan plastik sekali pakai: Dengan distribusi refill ini, kurang lebih 4.412 kg kemasan plastik baru telah berhasil dikurangi Pencapaian ini tentu tidak terlepas dari kontribusi para Refill Enterprise yang telah membantu mengedukasi, mensosialisasikan dan mendorong gaya hidup refill di tengah konsumen. Untuk itu, hari ini Alner dan Unilever memberikan apresiasi pada tiga mitra dengan kinerja terbaik, yaitu: bank sampah Anggrek Ciliwung, bank sampah Matoa SMKN 57, dan bank sampah Melati Tebet.

© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved