CSR Corner

Kalla Group Sejak 1980 Mengayunkan Langkah ESG

Solihin Jusuf Kalla, Chief Executive Officer Kalla Group. (Foto : Dok SWA).

swa.co.id, Jakarta- Kalla Group (PT Hadji Kalla) mengimplementasikan prinsip ESG (Enviromental, Social & Governance) sejak tahun 1980-an. Langkah Kalla Group mengayunkan prinsip ESG di masa kini diselaraskan dengan prinsip bisnis yang berkelanjutan dan tren ESG pada satu dasawarsa terakhir ini. Kelompok usaha ini mempraktikkan ESG di berbagai daerah, khususnya di Indonesia Timur. Hal ini disampaikan Zumadi SM Anwar, Direktur Pemasaran, Strategi dan Digitalisasi Kalla Group.

Dia menyampaikan Kalla Group bertujuan mulia dalam mewariskan hidup yang lebih baik kepada generasi selanjutnya. “ESG adalah terminologi baru di tahun 2015, sedangkan Kalla Group sudah membangun pilar-pilar dari ESG sejak era tahun 1980-an ketika mendirikan Yayasan Hadji Kalla yang concern-ya selaras dengan prinsip ESG. Sehingga ini bukan hal yang baru bagi kami, sisa kami menyesuaikan sesuai kebutuhan zaman dan masyarakat pada masa kini,” ujar, Zumadi di Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Pada sektor energi, misalnya, Kalla Group mengembangkan bisnis berbasis green energy. Kalla Group di sektor hulu energi menjadi Independent Power Producer (IPP) untuk pembangkit listrik tenaga air/hydro (PLTA) dengan total kapasitas mencapai 2.060 MW yang tersebar di PLTA Poso Peaker (515MW) di Poso, Sulawesi Tengah dan PLTA Malea (90MW) di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Beberapa PLTA lainnya yang masih pada fase pembangunan konstruksi, antara lain PLTA Poso 3 (400MW), PLTA Poso 4 (30MW), PLTA Kerinci (350MW) yang berlokasi di Kabupaten Kerinci, Jambi, PLTA Mamuju Atas (90MW), PLTA Mamuju Bawah (360MW) di Mamuju Bawah, Sulawesi Barat serta PLTA BMS (225MW) di Luwu, Sulawesi Selatan.

Kalla Group, melalui JV Co, mengembangkan eksosistem pembuatan baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) mulai dari upstream sampai dengan downstream melalui Eramet Bumi Sulawesi dan Bumi Mineral Sulawesi. Sedangkan di hilir, Kalla Group menjadi salah satu dealer utama (main dealer) sepeda motor listrik United EV serta menghadirkan green property di Nipah Park dan perumahan Bukit Baruga.

Komitmen green bisnis ini diperkuat di unit bisnis lainnya, semisal pembangunan smelter oleh PT. Bumi Mineral Sulawesi yang menggunakan 100% sumber energi terbarukan yang nantinya akan menghasilkan feronikel sebanyak 33 ribu ton dan nikel sulfat sebanyak 31.400 ton per tahun. Proyeksi produksi ini dirancang di fase pertama pada 2024. Kemudian, produksi pada fase kedua hingga 2027 diestimasikan sebanyak 125.600 ton nikel sulfat per tahun.

Selain bisnis, Kalla Group mendukung prinsip keberlanjutan antara lain program program Aksi Mangrove Lestari, yaitu pengelolaan ekosistem mangrove melalui pemberdayaan masyarakat pesisir. “Kalla Group akan melakukan penanaman mangrove seluas 24 hektare dan sepanjang 6,5 km di pesisir pantai Kelurahan Tekolabbua Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan dengan memberdayakan nelayan setempat,tutur Muhammad Shobirin, Strategic Management Division Head Kalla Group.

Program lainnya adalah Pengelolaan Sampah TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle) Bersinergi & Berkelanjutan yang bertujuan untuk mengurangi volume sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA). Program ini mengubah sampah menjadi aset yangberdampak ekonomi kepada masyarakat. Poso Energy juga menggelar berbagai CSR yang berfokus melestarikan lingkungan hidup, antara lain restocking anakan ikan sidat di Danau Poso dan pengadaan air bersih di Desa Saojo, Pamona Utara, Sulawesi Tengah.

Pada bidang Sosial, Kalla Group menerapkan program Inkusifitas dan Diversity . Hasil nyatanya adalah porsi karyawan muda dari generasi milenial dan Z sebesar 70% dari jumlah total pegawai. Pegawai dari kaum perempuan sekitar 20% di setiap jenjang jabatan. Selain itu, Kalla Group nerapkan budaya hijau dengan mengurangi sampah plastik, penggunaan bahan daur ulang melaui kerjasama Kalla Group dan Rappo yang menyediakan official merchandise Kalla melalui plastik bekas laundry.

Kalla Group juga terus mendekatkan diri dengan generasi millenial dan gen Z melalui isu lingkungan pada kegiatan Kalla Youth Fest pada September 2024. Kegiatan ini memboyong tema Rave The Planet yang menggiatkan aksi nyata dan diskusi terkait lingkungan yang lebih hijau. Kalla Group konsisten mengembangkan potensi karyawannya di bidang volunteering melalui kehadiran Kalla Rescue yang mengemban misi kemanusiaan dan bencana alam.

Untuk menempa ketrampilan karyawan ada program pengelolaan talenta terbaik di internal maupun calon karyawan baru pada program Kalla Internship Program, Kalla Future Leaders, dan Kalla Management Trainee Program. Pada aspek tata kelola, Kalla Group mengkreasikan inovasi Whistle Blowing System yang memberikan ruang dan platform kepada karyawan maupun masyarakat yang ingin melaporkan tindakan penyimpangan dan melanggar hukum oleh karyawan perusahaan. Kemudian, Kalla Group sejak 2023 telah menerapkan ISO 27001 untuk mendukung keamanan data perusahaan.

Konsistensi Kalla Group menerapkan ESG diapresiasi oleh berbagai kalangan salah satunya penghargaan Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024 oleh SWA pada Senin, 10 Juni 2024. Solihin Jusuf Kalla, Chief Executive Officer Kalla Group menerima penghargaan ini yang diserahkan oleh Kusnan M. Djawahir, Wakil Pemimpin Redaksi SWA.

Sebelumnya, Kalla Group mendapatkan penghargaan Outstanding ESG & Green Movement pada 2024 . Lalu, penghargaan Predikat Sangat Baik pada program CSR pada kategori Energi Bersih dan Terjangkau pada CSR dalam Nusantara Award 2023. PT Bumi Karsa sebagai unit bisnis Kalla Group di bidang konstruksi juga mendapatkan penghargaan dibidang lingkungan hidup melalui program Agroforestry Tombolo Energy yaitu Bronze untuk kategori Best Practice in Environment dalam CSR Outlook Award 2023 dan 50 Indonesia Best CSR Award 2024 in Construction Services Sector.

Nipah Park sebagai salah satu green property di Indonesia diganjar penghargaan tingkat ASEAN , yaitu Energy Efficiency Building for Tropical Buiding Category oleh ASEAN Centre for Energy serta Gold Certified Green Building Design Silver Certified Green Building Function oleh Green Building Council Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved