Technology

AMD Lengkapi Portofolio Prosesor Berteknologi AI

Prosesor AMD Ryzen PRO 8000 Series. (foto:Jeihan Kahfi/SWA)

swa.co.id, Jakarta-Berdasarkan studi AI Outlook yang dilakukan AMD terhadap 2.500 pemimpin IT global, ditermukan bahwa 3 dari 4 pemimpin IT optimis tentang potensi manfaat artificial intelligence (AI) dari peningkatan efisiensi karyawan hingga solusi keamanan siber otomatis, dan lebih dari 2 dari 3 meningkatkan investasi dalam teknologi AI.

Namun, sisi lain dari penerapan AI ini adalah ketidakpastian tentang waktu yang tepat untuk dapat mengadopsi AI karena kurangnya peta jalan implementasi dan kesiapan keseluruhan dari beragam hardware dan teknologi yang ada. Untuk memastikan organisasi atau perusahaan memiliki platform komputasi terbaik dalam mengimplementasikan solusi AI, AMD berfokus pada pengembangan mutakhir dengan kemampuan AI di seluruh portofolio produknya sambil bekerja dalam kolaborasi yang erat dengan industri.

AMD Indonesia telah mengumumkan jajaran prosesor AMD Ryzen AI mobile dan desktop untuk segmen enterprise dan consumer mulai dari konten kreator, desainer, gamer, bahkan hingga pelajar sekalipun, yang memberikan produktivitas lebih optimal dengan pengalaman teknologi AI.

AMD Ryzen PRO 8040 Series baru adalah prosesor x86 yang dibuat untuk laptop bisnis dan workstation mobile. AMD juga menampilkan prosesor desktop AMD Ryzen PRO 8000 Series, prosesor desktop berkemampuan AI pertama untuk pengguna bisnis, yang dirancang untuk menghadirkan kinerja mutakhir dengan konsumsi daya rendah. Adapula Prosesor AMD EPYC 4004 Series yang melengkapi portofolio CPU server AMD EPYC yang telah ada dengan penawaran baru biaya optimal dengan fitur kelas enterprise dan kinerja terdepan untuk usaha kecil dan menengah serta penyedia layanan hosting IT.

Untuk menjangkau segmen consumer, AMD menghadirkan AMD Ryzen 8040 Series dengan dukungan AI-ready dan fitur-fitur baru lainnya untuk pembuatan konten, bermain game tanpa hambatan dan produktivitas harian dengan kinerja menakjubkan.

Dengan memanfaatkan CPU, GPU, dan unit pemrosesan saraf (NPU) on-chip khusus, prosesor baru bertenaga AI Ryzen menghadirkan kekuatan pemrosesan AI khusus yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya , dengan hingga 16 NPU TOPS (triliun operasi per detik) khusus dan hingga 39 total sistem TOPS.

“Di AMD, kami percaya AI akan mendefinisikan era komputasi berikutnya, dan potensi sepenuhnya hanya dapat diwujudkan ketika teknologi tersebut tersebar luas mencakup cloud, edge, dan end point,” kata Peter Chambers, Managing Director Sales APAC, AMD.

Di segmen enterprise, dengan teknologi yang mendukung data center paling menuntut di dunia, prosesor AMD EPYC 4004 Series menawarkan biaya akuisisi yang optimal untuk pelanggan di usaha kecil dan menengah yang ingin mendorong hasil bisnis yang lebih baik. Prosesor AMD EPYC 4004 Series diciptakan untuk menghadirkan komputasi serbaguna yang bertenaga dalam paket soket tunggal, memungkinkan konfigurasi skala rak, multi-node, dan tower berperforma tinggi di mana biaya sistem dan kendala infrastruktur lainnya menjadi pertimbangan penting disamping efisiensi dan faktor keamanan.

AMD EPYC dinilai memiliki daya saing yang kuat dalam pasar server dan komputasi berat dengan menawarkan kinerja yang maksimal, efisiensi energi, dan fleksibilitas yang tinggi. Prosesor ini banyak digunakan dalam pusat data, cloud computing, virtualisasi, dan aplikasi yang membutuhkan daya komputasi tinggi.(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved