Strategy

Ekspansi Bisnis, Japfa Resmikan Pabrik Vaksin Hewan Ternak di Vietnam

Phung Duc Tien, Wakil Menteri Pertanian Vietnam dan Duta Besar RI untuk Vitenam JAPFA. (dok JPFA)

swa.co.id, Vietnam - Vaksindo Vietnam Company Limited (Vaksindo Vietnam), anak perusahaan Vaksindo Satwa Nusantara di Indonesia (rantai bisnis unit JPFA) meresmikan pabrik vaksin hewan ternak di Taman Industri Yen My II, Vietnampada akhir pekan lalu. Pabrik vaksin veteriner ini menjadi yang terbesar di Vietnam dan akan memasok vaksin untuk domestik dan mengekspornya ke negara-negara lain di kawasan Asia dan sekitarnya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam, Denny Abdi, menyampaikan Vietnam dan Indonesia adalah dua negara yang memainkan peran penting dalam keamanan pangan regional, karena populasi yang besar dan terus berkembang. Efektivitas langkah-langkah pencegahan penyakit untuk ternak di kedua negara akan memiliki dampak positif pada pasokan pangan di kawasan dan sekitarnya. “Vaksindo adalah produsen vaksin veteriner terkemuka di Indonesia. Melalui pabrik ini, saya yakin bahwa penelitian antara Indonesia dan Vietnam di bidang kesehatan hewan dapat terus diperkuat, sehingga kita dapat menekan potensi wabah dan memprediksi epidemi di masa depan,” kata Denny seperti dikutip pada Rabu (12/62024).

Wakil Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam, Phung Duc Tien, menyatakan saat ini pabrik vaksin domestik yang memenuhi standar GMP hanya memenuhi sekitar 70% dari permintaan. Peresmian pabrik vaksin Vaksindo Vietnam adalah peristiwa penting, dalam konteks meningkatnya permintaan akan vaksin. “Dengan komitmen pada teknologi modern, produksi vaksin berbasis penelitian dan tekad untuk memenuhi standar internasional, kami mengharapkan Vaksindo Vietnam segera meluncurkan produk yang memenuhi permintaan domestik dan bergerak menuju ekspor, terutama dengan fokus pada penelitian untuk memproduksi vaksin yang saat ini harus diimpor oleh Vietnam,” ujarnya.

Pabrik Vaksindo Vietnam Animal Health (VVAH) mulai dibangun sejak April 2022, di atas lahan seluas lebih dari 20.000 meter persegi dan memiliki desain dua lantai dengan rencana perluasan di masa depan. Pabrik ini akan mengoperasikan lima lini produksi di area produksi seluas 9.000 meter persegi, dengan fokus pada vaksin berbasis Kultur Jaringan, vaksin berbasis Telur, dan vaksin Bakteri. Produk utamanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan pencegahan penyakit untuk babi, sapi, dan unggas. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved