Trends

LG Jajaki Pasar TV 98 inch di Indonesia

Pre order TV premium 98QNED89 (98 inci sepanjang) 11 – 23 Juni 2024, melalui LG Online Brand Store. (Foto: Darandono/SWA)

swa.co.id, Jakarta- Tren permintaan TV layar besar terus mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir ini. Untuk TV ukuran 55 inch ke atas, mengalami peningkatan yakni naik menjadi 29% di 2023 dari 25% pada 2022. Pada kuartal pertama tahun ini naik sebesar 32%. Sedangkan penjualan tv untuk ukuran layar yang lebih kecil justru mengalami penurunan. TV ukuran 32 inch, misalnya, menyusut sekitar 31% di 2022. Sedangkan pada tahun 2023 lalu turun 30 % dan hingga kuartal pertama tahun ini turunsekitar 26%.

Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment LG Electronics Indonesia (LG), menuturkan permintaan konsumen di Indonesia terhadap TV layar besar terus mengalami peningkatan. Hal ini terjadi pada saat pandemi Covid, dimana konsumen mulai mencari TV layar besar dan akhirnya terbiasa dengan TV layar besar.

Ia optimis permintaan TV layar besar akan meningkat, apalagi tahun ini ada momentum Piala Eropa 2024 (Juni-Juli) dan Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris (Juli-Agustus) berpotensi mendongkrak penjualan TV Digital atau Smart TV. “Kedua momentum olahraga bisa mendongkrak penjuala TV layar besar sekitar 20 persen-30 persen,” katanya.

Meningkatnya penjualan TV layar besar diendus produsen elektronik asal Korea Selatan untuk memboyong TV premium terbaru LG, 98QNED89. Mengawali debut pemasaran perdananya di Indonesia, LG membuka penawaran terbatas pre order bagi TV berbentang layar 98 inci sepanjang 11 – 23 Juni 2024. Penawaran ini berlaku melalui LG Online Brand Store. LG juga mempersiapkan program pre order menarik lainnya melalui jaringan toko Hartono Elektronik dan Electronic City. “Untuk TV Premium kontribusi penjualan terbesar dari off line (sekitar 80 persen) dan on line (sekitar 20 persen),” ujarnya.

Harga jual LG 98QNED89 sekitar Rp 62,99 juta per unit. Kualitas tayangan dari layar berbentang 98 inci miliknya ini bakal mudah mencuri perhatian bagi pecinta film maupun gaming. Untuk setiap pembelian 1 unit LG 98QNED98, pembeli akan mendapatkan 1 unit TV LG StanbyME. “Melalui program pre order ini kami menarget bisa menjual sekitar 80 unit, dimana 20 unit ditargetkan melalui LG Online Brand Store dan sisanya (60 unit) jaringan toko Hartono Elektronik dan Electronic City,” katanya.

Diakui Vincent permintaan TV 98 inch pun mengalami peningkatan. Tahun lalu, di Indonesia penjualan TV 98 inch ini sekitar 198 unit, yang diperebutkan beberapa merek seperti Samsung, Aqua dan TCL. Sedangkan hingga kuartal I tahun ini penjualan TV 98 inch sudah mencapai 412 unit. “Tahun ini penjualan TV 98 inch diprediksi akan mencapai 1.650 unit dan LG menargetkan bisa menjual 400 unit di tahun ini,” ujar Vincent.

Park Jae Il, Product Director Home Entertainment LG Electronics Indonesia menambahkan LG 98QNED89 ini dapat memberikan pengalaman gaming yang mengesankan. Diluar kelengkapan visual dan audio yang demikian tinggi, TV QNED LG terbaru ini dilengkapi kemampuan refresh rate mumpuni untuk memainkan game terkini dengan kebutuhan 120Hz. Masih ditambah lagi dengan dukungan fitur Motion Pro, memberi jaminan kenikmatan gaming yang membutuhkan pergerakan dinamis dan cepat tidak akan terlihat blur.

Sedangkan bagi pecinta olahraga TV 98QNED89 dilengkapi fitur Sport Portal, untuk memberikan jadwal pertandingan terkini tim favorit. Untuk ini, pengguna bahkan dapat mendaftarkan sembilan cabang olahraga yang disukainya, sekaligus mendaftarkan hingga 20 tim didalamnya untuk menerima jadwal pertandingan masing-masing tim.

TV ini pun bakal memberikan pengingat berupa notifikasi yang muncul di layar TV bila tim favorit yang didaftarkan tengah bertanding. Termasuk diantara notifikasi ini yaitu saat memulai pertandingan, perubahan poin yang didapat dan hasil akhir pertandingan.

Untuk kenyamanannya, tampilan utama antarmuka versi terbaru webOS ini dilengkapi dengan Dynamic Q Card. Tampilannya membagi menu TV dalam berbagai kategori seperti Home Office, Home Hub, Sports dan Game. Disisi lain, LG QNED TV 2024 ini juga mendukung konektivitas dengan Apple Airplay dan Chromecast untuk membuka peluang lebih luas bagi pengguna menikmati berbagai konten dari sumber lain yang terhubung. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved