Property

Terapkan ESG, Hunian Perumnas Bersertifikasi Bangunan Gedung Hijau

Hunian Perumnas, Samesta Parayasa. (Foto : Dok).

swa.co.di, Jakarta- Perum Perumnas mengembangkan kawasan hunian yang mendukung prinsip go green demi mewujudkan komitmen korporasi terhadap lingkungan yang berkelanjutan,. Salah satu langkah strategis Perumnas adalah mengembangkan hunian yang memadukan teknologi ramah lingkungan dan integrasi dengan transportasi umum berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Perumnas memadukan teknologi rendah karbon dan berkelanjutan untuk mengembangkan perumahan. Komitmen ini merupakan bagian dari visi jangka panjang Perumnas untuk mengedepankan strategi pembangunan secara komprehensif yang mengedepankan prinsip ESG (Enviromental, Social & Governance).

Integrasi antara desain dan teknologi hijau ini menjadi satu keberhasilan Perumnas meraih Sertifikat Bangunan Gedung Hijau padaprogram Indonesia Green Affordable Housing (IGAHP) yang diinisiasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Penghargaan ini menunjukkan komitmen Perumnas dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan pada setiap proyek yang dikembangkannya.

Sebagai inisiasi percontohan, proyek hunian Perumnas telah mendapat sertifikasi Bangunan Gedung pada program IGAHP adalah Samesta Dramaga Bogor, Samesta Parayasa Bogor, Samesta Royal Campaka Purwakarta, dan Samesta Pasadana Bandung. Sertifikasi ini menandai Perumnas turut mendukung komitmen pengembangan hunian landed yang memenuhi kriteria lingkungan dan keberlanjutan, termasuk efisiensi energi, konservasi air, pengelolaan limbah, dan penggunaan material bangunan yang ramah lingkungan.

Konsep yang serupa juga telah diimplementasikan Perumnas pada Hunian TOD yang memiliki dampak signifikan dalam mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Dengan mendorong penggunaan transportasi umum seperti KRL Jabodetabek yang terintegrasi langsung dengan kawasan hunian, Perumnas tidak hanya memberikan kemudahan akses bagi penghuni, tetapi juga berkontribusi pada pengurangan emisi karbon dan polusi udara.

Saat ini, hunian berkonsep TOD telah dikembangkan Perumnas pada tiga hunian apartemen, yaitu Samesta Mahata Tanjung Barat Jakarta, Samesta Mahata Margonda Depok, dan Samesta Mahata Serpong, Tangerang Selatan.

Konsep hunian yang mengintegrasikan sistem transportasi itu mendukung tingkat produktivitas dan mobilitas penghuni menuju area yang dituju. Lalu, penggunaan transportasi publik dapat menurunkan emisi karbon dan ramah lingkungan.

Perumnas menggulirkan program terkait lingkungan dan sosial yang berkelanjutan. Melalui pendekatan holistik yang menggabungkan inovasi desain, teknologi hijau, dan konsep hunian terintegrasi, Perumnas terus berupaya menjadi pelopor dalam pembangunan perumahan yang ramah lingkungan di Indonesia. Dengan langkah-langkah strategis ini, Perumnas berharap dapat memberikan inspirasi bagi pengembang lain untuk mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan dalam pengembangan perumahan. Keberhasilan ini tidak hanya membawa manfaat bagi lingkungan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup bagi seluruh penghuni kawasan hunian Perumnas.

Pada kesempatan sebelumnya, Budi Saddewa Soediro, Direktur Utama Perumnas, menjabarkan kinerja positif lantaran membukan pendapatan di 2023 tumbuh sebesar 30%. “Tahun 2023, Perumnas mengepakkan sayap yang lebih luas dengan perancangan strategi yang mengikuti pergerakan pasar properti yang semakin dinamis,” ucap Budi pada keterangan tertulis yang dikutip pada Rabu (12/6/2024)..

Berbagai program dan inovasi diimplementasikan Perumnas di sepanjang tahun 2023, mulai dari berperan aktif pada ekosistem perumahan bersama para stakeholder, peresmian Hunian Milenial untuk Indonesia oleh Presiden Jokowi di April 2023, program Sekarang Gampang Rumah yang memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam membeli hunian yang lebih simple, fleksibel, terjangkau dan instan, sederet kerja sama dengan berbagai instansi dalam menyediakan hunian bagi karyawan juga telah dilakukan agar mendorong keterserapan hunian. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved