Trends

Asuransi Astra Mengimplementasikan Inovasi Karyawan, Jumlahnya Naik 13,6% di 2023

Asuransi Astra Mengimplementasikan Inovasi Karyawan, Jumlahnya Naik 13,6% di 2023
Tri Rahayu Andayani EVP Human Capital & Facilities Management PT Asuransi Astra (tengah), saat menerima penghargaan Living Legend Companies & Brands 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Senin, 10 Juni 2024. (Foto: Darandono/SWA).

swa.co.id, Jakarta- Para karyawan PT Asuransi Astra selama tahun 2023 menawarkan ide inovatif sebanyak 572 gagasan, meningkat 15,1% dari tahun sebelumnya yang mengumpulkan 497 ide inovasi. Jumlah ide inovasi yang diimplementasikan di tahun 2023 meningkat sebesar 13,6% atau menjadi 335 dari 295 ide yang diimplementasikan pada 2022.

Anak usaha Astra Group yang berdiri sejak tahun 1956 rutin menempa karyawannya untuk berinovasi. Tri Rahayu Andayani, EVP Human Capital & Facilities Management PT Asuransi Astra, menuturkan Asuransi Astra mengimplementasikan berbagai program inovatif untuk mencapai tujuan perusahaan. “Inovasi sudah menjadi DNA-nya Asuransi Astra untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Inovasi bisa dilakukan dari produk, proses dan layanan,” kata Yeni sapaan Tri Rahayu Andayani disela-sela penghargaan Indonesia Living Legend Companies & Brands 2024 yang diadakan Majalah SWA di Jakarta pada awal pekan ini. Asuransi Astra menerima penghargaan ini yang menegaskan kiprah perusahaan asuransi ini untuk memberdayakan pegawai mengkreasikan inovasi agar mendorong laju bisnis perusahaan.

Yeni, sapaan akrabnya Tri, menguraikan kiprah Asuransi Astra juga ditopang oleh nilai-nilai inti perusahaan (core values), yaitu PEACE & Fun, yang merupakan akronim dari Pursuit of Excellence, Agility, Customer first, Equal respect & Fun.

Yeni menyebutkan salah satu nilai, yakni Agility, terdapat pedoman berperilaku para insan Asuransi Astra, yaitu passion to learn & embrace the change dan innovative. Dengan nilai perilaku tersebut, Asuransi Astra berupaya mengajak seluruh karyawan menciptakan inovasi secara kreatif untuk mendukung nilai Pursuit of Excellence dalam mewujudkan tujuan perusahaan.

Untuk merangsang munculnya inovasi, Asuransi Astra mengadakan kompetisi ide inovasi yang diikuti seluruh karyawan internal yang dikenal dengan Asuransi Astra Innovate Summit. Setiap tahun, bersama dengan tim Innovate Asuransi Astra dan para agen inovasi atau fasilitator terpilih, jajaran manajemen mengadakan pertemuan rutin untuk membahas target inovasi di tahun tersebut.

Prosesnya, setiap direktur dari setiap direktorat akan memberikan arahan strategi dan menyampaikan target untuk timnya secara langsung. Kemudian, manajemen menurunkan strategi tersebut ke dalam aktivitas di setiap unit sehingga tercipta alignment antar-unit.

Tim Innovate Asuransi Astra membuka kesempatan bagi seluruh karyawan untuk dapat mengumpulkan proyek inovasinya sepanjang tahun. Tim Innovate menyiapkan program pembekalan yang berkaitan dengan inovasi. Pembekalan yini untuk meningkatkan kualitas proyek inovasi karyawan, sehingga ide inovasi yang diajukan karyawan dieksplorasi lebih lanjut menjadi solusi terhadap suat permasalahan. Pada akhir tahun, untuk penentuan finalis yang akan berpartisipasi dalam kegiatan Asuransi Astra Innovate Summit, tim Innovate Asuransi Astra melakukan cut-off dari proyek inovasi yang diusulkan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved