Technology

Startup Builder Korsel D.camp Perluas Ekosistem ke Indonesia

D.camp berencana perluas eksositem stratup ke Indonesia. (dok Indogen)

swa.co.id, Jakarta - D.camp, startup hub terkemuka asal Korea Selatan, berencana memperluas ekosistemnya ke Asia Tenggara, terutama Indonesia. Mereka akan mengadakan program MokTalk, program pertemuan komunitas startup di seluruh Asia Tenggara yang biasa diadakan setiap bulan.

D.camp meyakini community building merupakan cara yang ampuh untuk membangun hubungan dan kepercayaan, dan menciptakan kolaborasi baru dengan stakeholders. Mereka juga akan memperluas jangkauan komunitas ini ke ranah startup Indonesia.

D.camp berencana meluncurkan program komunitas startup di Indonesia pada tahun ini. Ekspansi ini juga mendapat dukungan dari IndoGen Capital, perusahaan modal ventura Asia Tenggara bagi startup dan perusahaan asing yang ingin mengembangkan bisnisnya di Indonesia. “Indonesia memiliki potensi growing market yang positif untuk berinvestasi karena pasar yang paling besar di Asia Tenggara serta tingkat inflasi yang stabil. Selain itu Indonesia memiliki jumlah penduduk 40% dari total keseluruhan di Asia Tenggara, besarnya pangsa pasar Indonesia menjadi daya tarik perusahaan luar untuk expansi ke Indonesia,” kata Chandra Firmanto, Managing Partner Indogen Capital di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Pada 2023, D.camp memfasilitasi kemitraan antara startup Korea dan Indonesia, sehingga membuka potensi untuk kolaborasi. Saat ini sudah ada 11 startup yang sudah bergabung, program ini siap untuk menjadi fasilitator dalam pertukaran ide dan inovasi.

D.camp, telah menjadi katalis bagi ekosistem startup yang berkembang sejak didirikan pada 2013. D.camp beroperasi di bawah Banks Foundation for Young Entrepreneurs, organisasi non-profit yang mendukung startup dan entrepreneur. Program ini mendapat dukungan signifikan dari 19 lembaga keuangan, yang secara total telah menyumbangkan sebesar US$768 juta.

Banks Foundation for Young Entrepreneurs menciptakan lapangan kerja dan membangun ekonomi dengan mendukung startup di tahap early stage. Dengan membimbing startup pada masa early stage, D.camp mempersiapkan landasan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, memberi manfaat bagi para pengusaha, lembaga keuangan, dan perbankan yang mendukung mereka.

Organisasi ini secara aktif berinvestasi pada startup tahap awal dan menciptakan lingkungan di mana startup dapat mengembangkan bisnis mereka di pasar lokal dan internasional. Untuk mendukung hal ini, D.camp memiliki jaringan CEO, investor, dan pakar industri dan mentor, serta mitra bisnis sebagai landasan untuk kesuksesan.

D.camp menilai Indonesia memiliki growing market dan talenta muda yang tech savvy, sementara Korea secara historikal memiliki expertise teknologi dan pengaruh global yang kuat. Indonesia dan Korea mempunyai potensi untuk mendorong ekspansi startup, memperkuat keahlian teknologi, dan memanfaatkan banyak prospek di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

D.camp berupaya menjadi perantara bagi startup yang ingin berkembang secara global. Mereka membangun kepercayaan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis di pasar global dan memperluas kepercayaan tersebut kepada startup Korea. Salah satu program pertemuan komunitas startup D.camp yaitu MokTalk, telah diadakan setiap bulan di Singapura dan Tokyo. D.camp juga memiliki investment arm, mereka memberikan investasi ke startup secara langsung dan juga menjadi LP (Limited Partner) pada fund tertentu. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved