Trends

Sistem Integrasi Vertikal pada Jasa Logistik

swa.co.id, Jakarta- Sistem integrasi vertikal atau sistem menggabungkan platform belanja online dengan kurir sudah jamak ditemukan dalam platform e-commerce di Indonesia. Platform ini memudahkan pengiriman dari platform belanja ke konsumen. Direktur Ekonomi Digital Celios (Center of Economic and Law Studies, Nailul Huda, menjelaskan pola seperti ini menguntungkan konsumen karena rantai pasok pengiriman barang menjadi lebih efisien karena integrasi e-commerce dan penyedia jasa ekspedisi. "Praktik ini kan sebenarnya merupakan praktik integrasi vertikal di mana satu pihak perusahaan mempunyai lini bisnis atau bekerja sama dengan perusahaan lain dalam satu proses produksi atau distribusi mendukung kegiatan dari perusahaan tersebut,” kata Nailul pada Senin (10/6/2024).

Dia menyebutkan sistem tersebut tak menyalahi aturan sebab hampir semua pemain memberikan kesempatan kepada seller untuk memilih perusahaan ekspedisi yang tersedia. Pembeli, kata dia, juga bisa memilih perusahaan logistik yang akan digunakan.

Pemilihan kurir bisa kesepakatan bersama penjual dan pembeli. Pilihan jasa kurir berdasarkan kategori harga, kecepatan, dan kapasitas layanan pengiriman. "Namun pembeli bisa mengganti perusahaan logistik yang tersedia setelah check out sebelum barang dikirimkan,” ujarnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved