Management

Great Giant Foods Rajin Berinovasi dan Praktikkan Ekonomi Sirkular

Cindyanto Kristian, CEO of Fresh Fruit and GTM di GGF. (Foto: Wisnu T. Rahardjo/SWA).

swa.co.id, Jakarta- Great Giant Foods (GGF) ‒nama resminya: PT Great Giants Pineapple merupakan salah satu perusahaan ternama di Tanah Air di bidang agrikultur. Perusahaan ini menempatkan inovasi sebagai salah satu strategi utama untuk merealisasikan misi menghasilkan produk makanan berkualitas yang diproduksi dengan cara inovatif dan berkelanjutan.

GGF menyediakan panduan dalam proses inovasi mulai dari penampungan ide inovasi, pengujian ide, pemberian modal untuk pengembangan dan pelaksanaan proyek inovasi, serta pemberian insentif bagi pelaksana proyek yang sukses menjalankannya, merealisasi misi menghasilkan produk makanan berkualitas yang diproduksi dengan cara inovatif dan berkelanjutan. GGF memastikan produknya tetap berkualitas tinggi dengan menerapkan ekonomi sirkular.

Cindyanto Kristian, CEO of Fresh Fruit and GTM di GGF, menjelaskan produknya selaras dengan prinsip berkelanjutan dan menjaga kelestarian linkungan hidup yang berbasis ekonomi sirkular. GGF memastikan apapun yang ditanam mulai dari membeli bibit tanaman,memelihara dan memanennya harus dengan cara-cara yang baik dan bertanggung jawab. “Kami punya begitu banyak sertifikat yang memastikan kualitas mutu produk kami dari mulai menanam hingga siap panen dan kami kirim ke seluruh dunia dengan kualitas baik. Kami harus pastikan bahwa kualitas produk kami bisa diterima di seluruh dunia, kami sudah mengirim ke 66 negara,” ujar Cindyanto di sela-sela penghargaan Indonesia Living Legend Companies & Brands 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Senin (10/6/2024).

GGF punya program mengembangkan lebih dari 10 produk merek baru hingga kuartal II/2026, yang sejalan dengan konsep ekonomi sirkular. Produk-produk tersebut adalah produk makanan dan minuman berbasis komoditas pertanian yang mayoritas berasal dari kebun dan peternakan sendiri. “Salah satunya menanam pisang. Satu tandan pisang tidak semua bentuknya mulus, cantik sehingga tidak bisa dijual ke toko. Maka, ada bagian tertentu yang kami olah menjadi kripik pisang, nama mereknya Sunpride Life. Keripik pisang diolah dengan hasil olahan yang baik. Kami launching produk snack sehat tersebut kepada masyarakat dan produk ini menerapkan ekonomi sirkular,” ucap Cindyanto menambahkan.

Untuk diketahui, aneka program inovasi yang dijalankan GGF sudah memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kinerja bisnis, mencakup peningkatan produktivitas, penjualan, efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, daya saing dan keberlanjutan, serta pengurangan biaya operasional.

Praktik ekonomi sirkular dan inovasi produk itu memperkokoh laju bisnis perusahaan. Perusahaan yang berdiri tahun 1979 ini memproduksi buah-buahan segar dan produk olahannya. Ada lima pilar bisnis yang kini dtekuninya, yakni Processed Pineapple, Fresh Fruit, Consumer Branded Product, Protein, dan Plant Business.

GGF diapresiasi oleh SWA pada ajang Indonesia Living Legend Companies & Brands 2024 di Jakarta pada awal pekan ini. Kegiatan bertajuk Indonesia Best Living Legend Companies in Managing Innovation 2024 ini mengapresiasi perusahaan perusahaan dan merek di Indonesia yang telah berdiri lebih dari 50 tahun namun terus mampu menavigasi arus perkembangan zaman dengan tetap relevan dan inovatif. GGF mengantongi predikat Most Innovative dengan skor 85,64. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved