Capital Market & Investment

Sinar Eka Selaras (ERAL) akan Bagi Dividen Rp51 Miliar

Urban Republic, salah satu brand ERAL. (dok ERAL)

swa.co.id, Jakarta - RUPS Tahunan Sinar Eka Selaras (ERAL) menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp10 per lembar saham atau seluruhnya sebesar Rp51.875.000.000. Sepanjang tahun 2023, Perseroan berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp211 miliar, atau tumbuh 14% dari tahun sebelumnya.

Tren penjualan positif berlanjut pada kuartal I/2024, didukung dengan momentum Ramadan yang mendorong penjualan bersih Perseroan sebesar 21% menjadi Rp1,09 triliun dengan laba bersih sebesar Rp41 miliar. Kenaikan penjualan ini sejalan dengan penambahan jaringan ritel menjadi 129 toko pada akhir Maret 2024.

Selama 1 tahun terakhir, Perseroan sudah membawa dua brand baru ke pasar Indonesia, yaitu 6IXTY8IGHT yang berfokus pada fashion apparel dan MST Golf Indonesia yang fokus pada sportainment dan perlengkapan golf. Dua merek ini turut melengkapi portofolio merek ritel yang dinaungi oleh Perseroan seperti ASICS, JD Sports, Urban Republic, Urban Adventure dan lainnya. Perseroan terus menangkap peluang bisnis seperti ekosistem IoT, aksesoris dan gaya hidup melalui dukungan kepada komunitas gaya hidup untuk tumbuh dan berkembang bersama, salah satunya menggelar aktivitas seperti URMazing Run.

Selain itu, pemegang saham juga menyetujui perubahan rencana penggunaan dana perolehan penawaran umum (IPO) untuk pemberian pinjaman kepada entitas anak yakni PT Mitra Internasional Indonesia. Rinciannya adalah penyesuaian jumlah pembukaan gerai baru dari rencana awal menjadi sekitar 30 gerai dengan merek yang sudah ada.

Hal ini dilakukan demi menerapkan prinsip kehati-hatian dengan mempertimbangkan kondisi pasar, lokasi dan daya beli konsumen. Perseroan juga memutuskan untuk menggunakan dana yang awalnya diperuntukkan sebagai belanja modal menjadi modal kerja guna memperkuat dan mendukung operasional dari gerai yang sudah ada.

“Rencana pemberian modal kepada entitas anak yakni PT Master Selam Indonesia dialihkan untuk memperkuat modal kerja Perseroan dari sebelumnya 49,25% dari dana bersih menjadi 58,19% guna mendukung kegiatan usaha utama dan operasional,” kata Direktur Utama ERAL, Djohan Sutanto dalam paparan publik, Rabu (12/6/2024).

Dengan strategi yang matang dan manajemen yang solid, ERAL siap untuk terus tumbuh dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved