Trends

Ekspansi Bisnis Maritim, Suzuki Menambah Dealer Suzuki Marine di Manado

Foto : Suzuki Indomobil Sales.

swa.co.id, Manado- Suzuki Marine, salah satu unit bisnis PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), membuka gerai di Kota Manado, Sulawesi Utara. Gerai yang berlokasi di wilayah Kalasey Satu ini merupakan gerai Suzuki Marine yang kedua di Manado. Ketersediaan gerai ini meningkatkan kapasitas layanan seiring dengan meningkatnya industri pariwisata dan transportasi air di kawasan ini. SIS bersinergi dengan PT Karunia Jaya Marine untuk pengembangan outlet yang menyediakan layanan 3S (sales, service, spare parts), showroom, dan bengkel untuk melayani kebutuhan outboard motor (OBM) di Sulawesi Utara.

Aceng Ulumudin, Suzuki Marine Departement Head di SIS, mengatakan ekspansi Suzuki Marine ini adalah bentuk eskalasi layanan untuk pelanggan lantaran industri pariwisata dan transportasi air di Sulawesi Utara menunjukkan peningkatan. Untuk itu, pengembangan layanan ini memudahkan pelanggan Suzuki untuk meningkatkan bisnis, mendapatkan layanan service, hingga jaminan ketersediaan suku cadang dan efisiensi operasional lantaran lokasi dealer ini di area strategis. “Ke depannya, kami bisa mendukung para pelaku industri pariwisata dan perairan di Indonesia khususnya Sulawesi Utara,” ungkap Aceng pada siaran pers yang dikutip Jumat (14/6/2024).

Sebelumnya, Suzuki Marine bersama dengan Karunia Jaya Marine pada 2021 mengoperasikan dealer di Manado. Berbekal potensi pasar yang ada di wilayah Sulawesi Utara mencapai lebih dari 500 kapal untuk akomodasi resort dan transportasi air, Suzuki Marine mengamati kebutuhan untuk peningkatan pelayanan kepada konsumen sehingga dibutuhkan penambahan layanan penjualan dan purna jual dengan skala yang lebih besar. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Suzuki Karunia Jaya Marine berkomitmen untuk menambah outlet baru dengan layanan lengkap 3S dan cakupan wilayah yang lebih luas, sembari terus menjalankan outlet.

Dealer Karunia Jaya Marine di lahan seluas 905 m², serta mempekerjakan karyawan sebanyak 18 orang. Selain fasilitas yang ada di showroom, bengkel resmi OBM Suzuki Marine ini melayani service on the spot, dimana secara berkala teknisi Suzuki Marine mengunjungi titik kumpul nelayan dan hub kapal untuk melakukan service di lokasi. Guna memantik minat konsumen, Suzuki Marine memberikan penawaran menarik untuk kredit mesin OBM hingga 3 tahun.

Juan Adrian Aswan, Direktur Karunia Jaya Marine, menuturkan industri maritim di Sulawesi Utara terus menunjukkan peningkatan. Hingga kini Karunia Jaya Marine terus menerima banyak permintaan dari para pelaku industri terkait dan optimis penambahan layanan outlet baru ini akan semakin meningkatkan ketertarikan dan kepuasan pelanggan. “Saat ini Karunia Jaya Marine telah memiliki 3 outlet, dua diantaranya berada di Provinsi Sulawesi Utara dan satu di Provinsi Gorontalo. Tentunya ini menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi kami dan seluruh pekerja, dan kami berharap dapat terus memberikan pelayanan berkualitas kepada seluruh pelanggan,” ucap Juan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved