Capital Market & Investment

Sinergi Pintu dan Mitra Dukung Kegiatan Bulan Literasi Kripto 2024

Pintu juga ambil bagian dalam BLK 2024 melalui kegiatan podcast, workshop di Universitas Airlangga, dan stand-up comedy di Surabaya (Foto: dok.Pintu)

swa.co.id, Jakarta- Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia-Asosiasi Blockchain Indonesia (Aspakrindo-ABI) menyelenggarakan rangkaian Bulan Literasi Kripto (BLK) 2024. PT Pintu Kemana Saja (Pintu), anggota Aspakrindo-ABI, melaksanakan berbagai kegiatan edukatif guna mendukung BLK 2024 yang fokus kepada edukasi dan literasi mengenai aset crypto untuk masyarakat Indonesia.

Malikulkusno Utomo, General Counsel Pintu sekaligus Sekretaris Jenderal Aspakrindo-ABI, mengungkapkan pihaknya mengapresiasi gelaran BLK 2024 yang mampu meraih pencapaian positif dengan berbagai kegiatan edukasi baik secara daring maupun luring. Dimas, sapaan akrab Malikulkusno, menyampaikan Pintu berpartisipasi pada BLK ini pada kegiatan podcast, workshop, dan stand-up comedy di di Universitas Airlangga, Surabaya. “Kami antusias seluruh kegiatan yang dilakukan Pintu mendapatkan dukungan dari Badan Pengawas Berjangka Perdagangan Komoditi (Bappebti),”ujar Dimas dikutip Jumat, (14/6/2024).

Sekretaris Bappebti, Olvy Andrianita, mengungkapkan pihaknya mendukung para CPFAK yang berkomitmen untuk mematuhi aturan Bappebti serta memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat mengenai investasi di aset kripto. Untuk itu, Bappebti dan Pintu saling berkolaborasi pada BLK 2024 yang mengadakan berbagai kegiatan yang inovatif, seperti kompetisi stand up comedy yang dibalut dengan menggaungkan nuansa investasi Aset Kripto. “Kami berharap edukasi seperti ini bisa terus berjalan untuk meningkatkan minat pada investasi Aset Kripto dalam negeri, dan tentunya dalam upaya perlindungan kepada masyarakat sebagai pelanggan,” dia menambahkan.

Berdasarkan data dari Statista, penetrasi investor aset crypto di Asia Tenggaradi 2024 diperkirakan meningkat hingga 12,78%. Statista memproyeksikan jumlah ini naik 14,81% pada 2028.

Perdagangan aset kripto di Indonesia tumbuh positif di tengah membaiknya kondisi pasar nasional. Per April 2024, jumlah investor kripto Indonesia mencapai 20 juta dengan transaksi mencapai hingga Rp211,1 triliun. "Tentunya perkembangan tersebut tidak lepas dari peran berbagai pihak yang terlibat pada BLK 2024 dalam upaya mendorong pemahaman masyarakat tentang perdagangan aset kripto,” jelas Olvy.

Mengusung tema Exploring Crypto for Tommorrow’s Landscape, berbagai kegiatan edukasi dan literasi tersebut diadakan berkolaborasi dengan banyak lembaga, komunitas, dan pedagang aset crypto. Kegiatan ini menyedot minat masyarakat karena jumlah partisipan BLK sebanyak 10 ribu di berbagai kota di Indonesia, antara lain, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Medan.

Dimas menyebut BLK 2024 membawa semangat serta nilai positif bagi industri crypto dan mendorong pentingnya kegiatan edukasi dan literasi bagi masyarakat baik yang sudah berinvestasi aset crypto atau berkeinginan mencoba berinvestasi. “Kami terus berkomitmen mengedukasi masyarakat Indonesia melalui berbagai platform yang kami miliki salah satunya Pintu Academy dan terus berkolaborasi dengan seluruh pihak sebagai bagian tanggung jawab kami untuk meningkatkan edukasi dan literasi tentang aset crypto,” katanya.

PT Pintu Kemana Saja dengan brand Pintu sebagai platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia adalah Calon Pedagang Fisik Aset Kripto (CPFAK) yang terdaftar di Bappebti dan tergabung sebagai calon anggota dari Bursa Komoditi Nusantara. Aplikasi Pintu hadir sejak 1 April 2020 untuk memberikan kemudahan dalam mengakses aset crypto serta menjembatani inklusi dunia crypto di Indonesia. Pintu berfokus pada tampilan aplikasi intuitif, mudah digunakan, konten edukasi in-app, dan beragam fitur pilihan seperti, Pintu Earn, Pintu Staking, Auto DCA, hingga Web3 wallet untuk investor crypto baru dan kasual. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved