Management

Ini Respons GoTo dan Tokopedia Mengenai PHK Karyawan Tokopedia

Jawaban Tokopedia soal PHK karyawan. (dok Tokopedia)

swa.co.id, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) merespons Tokopedia yang melakukan PHK terhadap karyawannya. PHK ini tidak lama setelah GoTo menjual mayoritas saham miliknya ke ByteDance, induk perusahaan Tiktok di akhir tahun 2023. Manajemen Tokopedia belum menyampaikan informasi lebih lanjut jumlah karyawan yang terkena PHK.

Menanggapi hal ini, Corporate Secretary GOTO, R A Koesoemohadiani mengatakan perseroan meyakini bahwa PT Tokopedia terus melakukan tinjauan atas efektivitas darı organisasi mereka (seperti halnya perusahaan lain). Segala keputusan yang diambil oleh Tokopedia merupakan hal yang akan ditentukan secara penuh oleh manajemen Tokopedia. “Sebagai pemegang saham bukan pengendali minoritas, GoTo meyakini bahwa manajemen PT Tokopedia akan mengambil keputusan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian sehubungan dengan pengelolaan kegiatan usahanya dengan mempertimbangkan berbagai penilaian untuk memastikan hasil terbaik bagi PT Tokopedia dan seluruh pemangku kepentingan,” kata Koesoemohadiani pada keterbukaan informasi yang dikutip pada Jumat (14/6/2024).

Pada kesempatan terpisah, Nuraini Razak, Direktur Corporate Affairs Tokopedia dan ShopTokopedia tidak menampik maupun mengiyakan kabar PHK tersebut. Dirinya hanya menjelaskan, perusahaan telah melakukan identifikasi area yang perlu diperkuat dan menyelaraskan tim agar sesuai dengan tujuan perusahaan. Setelah mengidentifikasi, perusahaan harus melakukan penyesuaian pada struktur organisasi.

“Menyusul penggabungan TikTok dan Tokopedia, kami telah mengidentifikasi beberapa area yang perlu diperkuat dalam organisasi dan menyelaraskan tim kami agar sesuai dengan tujuan perusahaan. Sebagai hasilnya, kami harus melakukan penyesuaian yang diperlukan pada struktur organisasi sebagai bagian dari strategi perusahaan agar dapat terus tumbuh,” kata Nuraini dalam keterangan tertulisnya kepada SWA, Jumat (14/6/2024).

Selanjutnya Nuraini juga mengucapkan terima kasih kepada tim TikTok dan Tokopedia atas kontribusi dan komitmen mereka selama masa penggabungan. “Kami akan terus berupaya untuk mendukung merbukan eka dalam melewati masa transisi ini,” ucapnya. Harga saham GOTO pada sesi II di Jumat ini stagnan di Rp52. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved