CSR Corner

Bisnis Akuakultur Berbasis Teknologi, eFishery Mengembangkan Praktik Berkelanjutan

Diajeng Reisa Manik, Head of Fund and Operation eFishery. (Foto : M. Ubaidillah/SWA)

swa.co.id, Jakarta - eFishery mencanangkan lima progam untuk mengimplementasikan bisnis akuakultur yang berkelanjutan. Perusahaan startup tech akuakultur yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat ini berusaha untuk menciptakan bisnis akuakultur yang inklusif dan mengembangkan skala bisnis petambak atau pembudidaya ikan. Prinsip berkelanjutan ini diimplementasikan eFishery melalui teknologi pada produk AIoT terbaik untuk mengurangi limbah.

Sistem ini berpotensi mengubah perilaku pelaku industri melalui edukasi dan layanan pembudidaya. Oh ya, eFishery adalah perusahaan teknologi akuakultur pertama di Indonesia yang mengembangkan inovasi di bidang akuakultur.

Berdiri pada tahun 2013, eFishery mengembangkan metode budidaya ikan dan udang tradisional dengan menyediakan solusi berupa teknologi dalam ekosistem akuakultur dengan menawarkan platform end-to-end yang menyediakan akses terhadap pakan, pendanaan, dan pasar untuk pembudidaya ikan dan petambak udang. eFishery bertujuan untuk membangun ekosistem akuakultur di Indonesia, yang tidak hanya menguntungkan, namun juga berkelanjutan.

Perusahaan ini juga memudahkan akses keuangan dengan membangun model koperasi petani kolektif untuk meningkatkan pendapatan petani dan melanjutkan budidaya secara berkelanjutan. Pada perayaan satu dekade eFishery di Bandung, eFishery meluncurkan Koperasi Multipihak Tumbuh Bersama Pembudidaya berbasis teknologi blockchain.

Koperasi tersebut mengadopsi teknologi dan terintegrasi dengan ekosistem digital eFishery. Ini bertujuan untuk mempermudah proses hilirisasi pembudidaya yang telah tergabung menjadi anggota koperasi. “Jadi kolaborasi adalah yang menjadi semangat koperasi ini. Nantinya, data dari blockchain yang kami bangun akan terhubung langsung dengan global buyer, ini kami bungkus dalam satu bentuk dan tentu saja semuanya berbasis teknologi,” ujar CEO eFishery, Gibran Huzaifah, pada peluncuran koperasi di Bandung, beberapa waktu lalu.

Perusahaan yang sudah menyandang statu unicorn ini berupaya melestarikan keanekaragaman hayati, melestarikan alam dan reboisasi sumber daya alam seperti hutan bakau, daratan, dan lautan, rantai pasokan yang bebas deforestasi, akuakultur regeneratif dan menjaga keseimbangan ekosistem untuk perjalanan eFishery menuju nol emisi karbon.

Terbaru, eFishery bersama Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Maros, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saling berkontribusi pada proyek Carbon Capture and Storage (CCS) dengan menanam pohon mangrove sebanyak 1.500 batang di Unit Instalasi Tambak Silvofishery Marana, Maros, Sulawesi Selatan. "Untuk aspek lingkungan eFishery saat ini berfokus pada ekosistem mangrove, dan menargetkan reforestasi dan konservasi seluas 100,000 hektar area mangrove hingga 2030 di berbagai wilayah di Indonesia,” ujar Diajeng Reisa Manik, Head of Fund and Operation eFishery dalam acara Media Gathering di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Kemudian, eFishery mengupayakan pengembangan masyarakat dengan membentuk komunitas pembudidaya yang tangguh dan sejahtera. Salah satu tujuan eFishery untuk memajukan peluang bagi perempuan dalam budidaya, dukungan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi pembudidaya, etika dan integritas karyawan yang kuat, dan tenaga kerja yang inklusif dan beragam.

Selanjutnya, eFishery menyehatkan kesehatan dan kesejahteraan, melayani masyarakat untuk mendapatkan akses ke protein berkualitas tinggi dan makanan yang lebih sehat. Meningkatkan konsumsi ikan. Berkontribusi dalam mengurangi angka stunting nasional. “Kami juga siap mendukung program konsumsi makanan bergizi pemerintah,” ucapnya.

Saat ini, eFishery beroperasi di 280 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan merangkul lebih dari 110.000 pembudidaya ikan dan petambak udang di tahun 2023. Perusahaan akuakultur berbasis teknologi ini berekspansi ke India dan melakukan ekspor ke AS dan China. Sebagai penyedia solusi akuakultur dari hulu ke hilir, eFishery memiliki beberapa produk yaitu eFeeder, eFisheryku, eFarm, eFresh, Kabayan, dan Yarnen. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved